Hollywood Vs AI: Penulis Berjuang Untuk Masa Depan Kreativitas dan Hak Cipta!

Hollywood Vs AI: Penulis Berjuang Untuk Masa Depan Kreativitas dan Hak Cipta!

Writer Guild America (WGA) sedang melakukan pemogokan terhadap studio untuk menjamin kontrak baru yang memungkinkan penulis memiliki andil yang lebih besar dalam industri.

Salah satu isu yang kontroversial adalah ancaman yang dirasakan oleh AI generatif, diwakili oleh produk seperti ChatGPT, terhadap mata pencaharian profesional kreatif, termasuk penulis.

Studio melihat AI generatif sebagai alat hemat biaya yang potensial mampu mengubah proses penulisan untuk berbagai konten.

Hal ini mengarah pada kekhawatiran tentang masa depan karya yang dapat dipatenkan dan peluang pekerjaan bagi penulis.

Pandangan Studio Terhadap AI Generatif

Studio melihat AI generatif sebagai alat untuk merampingkan proses pembuatan konten, terutama untuk genre formulaik seperti acara penghargaan dan sitkom.

Baca Juga: Penelitian Mengungkapkan Masyarakat Negara Berkembang Lebih Optimis Menyambut Teknologi AI

Namun, batasan-batasan AI generatif membuatnya tidak cocok untuk pekerjaan kreatif yang serius.

Dampak Teknologi Streaming

rekomendasi channel youtube crypto

Teknologi streaming telah mengganggu industri televisi dengan menarik studio dengan manfaat jangka pendek, seperti peningkatan investasi dalam pemrograman.

Namun, hal ini mengarah pada penurunan jumlah episode per acara, yang mengakibatkan periode pekerjaan yang lebih pendek untuk penulis dan penghasilan sindikasi yang berkurang.

Ancaman AI generatif menggantung besar di atas Hollywood saat pemogokan WGA berlanjut. Studio dan penulis harus mengenali potensi konsekuensi dan bergabung untuk melindungi kebebasan kreatif dan kepentingan ekonomi mereka.

Baca Juga: Siswa Chatham High Ubah Dunia: AI Bukan Lagi Kompleks, Tapi Dapat Dinikmati Semua Orang!

Membangun AI generatif mereka sendiri, didukung oleh strategi hukum, dapat memberdayakan industri untuk tetap mengendalikan dan berkembang di tengah kemajuan teknologi.

Dengan memahami pelajaran dari sektor media lainnya, Hollywood dapat membentuk kembali masa depannya dan melestarikan kontribusi uniknya ke dunia hiburan.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: