ATOM Gagal Capai Inflasi Nol, Apa Dampaknya bagi Ekosistem Cosmos?

author:

ATOM Gagal Capai Inflasi Nol, Apa Dampaknya bagi Ekosistem Cosmos?

Dalam dunia crypto, keputusan ekonomi sering kali menimbulkan perdebatan sengit. Baru-baru ini, Cosmos Hub, yang merupakan pusat dari ekosistem Cosmos, mengalami penolakan proposal yang berambisi mengurangi inflasi minimum token ATOM menjadi nol.

Proposal ini, yang diusulkan oleh kontributor Cosmos Stakelab, bertujuan untuk mengurangi tekanan inflasi pada ATOM, terutama ketika sebagian besar koin terikat.

Debat Inflasi ATOM

Proposal 868 yang diajukan mendapat tanggapan beragam dari para validator. Sebanyak 48,6% validator menolak proposal tersebut, sementara 25% mendukung, dan 25,9% memilih abstain. Beberapa validator dengan kekuatan suara yang signifikan, seperti Everstake dan Cosmostation, memilih menentang proposal ini.

Baca juga: Setujui Proposal 848, Pendiri Cosmos Luncurkan Jaringan Baru AtomOne (ATOM1)!

Mereka mengungkapkan kekhawatiran tentang dampak pengurangan inflasi menjadi nol terhadap keamanan Hub. Validator yang mendukung proposal, termasuk Game dan Informal, berpendapat bahwa pengurangan inflasi dapat mengoptimalkan emisi baru.

Namun, penolakan ini menunjukkan bahwa masih ada kekhawatiran yang mendalam tentang bagaimana kebijakan inflasi mempengaruhi keamanan dan stabilitas jaringan.

Keamanan vs. Stabilitas Ekonomi

Keamanan jaringan menjadi salah satu alasan utama penolakan proposal ini. Inflasi dianggap sebagai insentif bagi para validator untuk menjaga jaringan tetap aman. Jika inflasi berkurang, ada kekhawatiran bahwa insentif untuk menjaga jaringan akan berkurang, yang pada gilirannya dapat mengurangi keamanan Cosmos Hub.

Di sisi lain, pendukung proposal berargumen bahwa inflasi yang lebih rendah dapat mendorong stabilitas ekonomi dan nilai jangka panjang dari ATOM. Mereka percaya bahwa dengan mengurangi tekanan inflasi, permintaan untuk ATOM akan meningkat, yang pada akhirnya akan menguntungkan seluruh ekosistem.

Baca juga: Cosmos Hub: Potongan Inflasi ATOM Menjadi 10% Berikan Perubahan Besar!

Implikasi untuk Masa Depan Cosmos

peningkatan cosmos (atom)
Sumber: Medium

Penolakan proposal ini menandai babak baru dalam diskusi tentang inflasi di Cosmos Hub. Proposal sebelumnya, Proposal 848, yang menetapkan batas maksimum inflasi sebesar 10%, telah diterima. Ini menunjukkan bahwa komunitas Cosmos masih mencari keseimbangan antara keamanan jaringan dan kebijakan inflasi yang berkelanjutan.

Keputusan ini juga menyoroti pentingnya peran validator dalam ekosistem crypto. Mereka tidak hanya membangun blok tetapi juga memiliki suara dalam menentukan arah kebijakan ekonomi jaringan. Ini menunjukkan bahwa ekosistem crypto seperti Cosmos sangat demokratis dan desentralisasi dalam pengambilan keputusannya.

Secara keseluruhan, penolakan Proposal 868 oleh Cosmos Hub menjadi contoh nyata dari dinamika kekuatan dalam ekosistem crypto. Meskipun ada argumen yang kuat dari kedua sisi, keputusan akhir mencerminkan konsensus komunitas yang lebih luas tentang bagaimana menjaga keseimbangan antara inflasi dan keamanan.

Ke depannya, diskusi ini akan terus berlanjut seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan ekosistem Cosmos.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: