Perlawanan Warga Kanada Terhadap Mata Uang Digital Nasional, Apa yang Dilakukan?

Perlawanan Warga Kanada Terhadap Mata Uang Digital Nasional, Apa yang Dilakukan?

Masyarakat Kanada baru-baru ini menunjukkan penolakan yang signifikan terhadap rencana Bank of Canada untuk mengembangkan mata uang digital nasional. Meskipun ada kesadaran yang luas tentang “digital loonie,” kecemasan terkait privasi dan keamanan menjadi penghalang utama bagi penerimaan publik terhadap konsep ini, menandai rintangan yang harus diatasi oleh Bank of Canada dalam menerapkan inovasi ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesadaran Publik Tinggi, Namun Dukungan Kurang

Sebuah survei yang melibatkan 89.423 partisipan mengungkapkan bahwa sekitar 95% dari mereka sudah mengetahui tentang mata uang digital yang diusulkan di Kanada. Namun, tingginya kesadaran tidak berbanding lurus dengan tingkat penerimaan. Mayoritas responden, dengan persentase mencapai 93%, masih lebih memilih menggunakan uang kertas dalam transaksi sehari-hari, dan hanya 15% yang memiliki cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Meskipun demikian, mereka yang pernah memiliki cryptocurrency tampak lebih terbuka terhadap ide mata uang digital. Namun, secara keseluruhan, warga Kanada menyarankan agar Bank of Canada menghentikan upaya penelitian dan pengembangan terkait mata uang digital ini, dengan kekhawatiran bahwa masukan mereka akan diabaikan dalam proyek CBDC (Central Bank Digital Currency).

Baca Juga: Regulator Kanada Minta Masukan Aturan Pengungkapan Aset Crypto, Apa Katanya?

Privasi dan Kepercayaan Menjadi Kendala

survei mata uang digital kanada
Warga Kanada menuntut regulasi untuk penerimaan uang tunai jika CBDC diperkenalkan. Sumber: bankofcanada.ca

Lebih dari 80% dari responden secara tegas menolak usaha Bank of Canada dalam mengembangkan mata uang digital. Mereka meragukan kemampuan bank sentral untuk menciptakan mata uang digital yang aman. Privasi menjadi isu sentral, dengan banyak responden yang menghargai anonimitas yang diberikan oleh transaksi tunai.

Bank of Canada telah menyatakan bahwa mereka akan mencari cara untuk memastikan mata uang digital memungkinkan transaksi dasar tanpa identifikasi, serupa dengan penggunaan uang tunai. Namun, hasil konsultasi ini tidak sepenuhnya mencerminkan pandangan seluruh masyarakat, karena partisipasi dalam survei dilakukan secara sukarela, menunjukkan kekhawatiran yang lebih luas terhadap kemampuan lembaga untuk melindungi data pribadi.

Baca Juga: Ripple dan Universitas Terbesar di Kanada Luncurkan Validator XRP, Seperti Apa?

Keputusan Akhir di Tangan Legislatif

Meskipun tujuan konsultasi publik adalah untuk menilai ketertarikan terhadap mata uang digital, Bank of Canada menekankan bahwa keputusan akhir untuk meluncurkan mata uang digital berada di tangan Parlemen.

Carolyn Rogers, wakil gubernur senior Bank of Canada, menyatakan, “Kami bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem pembayaran Kanada siap menghadapi ekonomi masa depan.” Pierre Poilievre, pemimpin Partai Konservatif, telah secara terbuka menentang ide mata uang digital, bahkan mengusulkan pelarangan bagi Bank of Canada untuk mengembangkannya.

Di sisi lain, beberapa pihak dari sektor keuangan dan kelompok masyarakat sipil menunjukkan dukungan terhadap mata uang digital, dengan syarat desainnya dapat mengatasi masalah yang ada saat ini.

Meskipun Bank of Canada telah mengambil langkah-langkah awal untuk mempersiapkan mata uang digital, tanggapan dari masyarakat Kanada menunjukkan bahwa masih banyak tantangan yang harus diatasi. Faktor-faktor seperti privasi, kepercayaan, dan keamanan harus menjadi fokus utama sebelum mata uang digital dapat diterima secara luas oleh masyarakat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: