Mayoritas Penduduk Spanyol Menolak Euro Digital, Apa Alasannya?

author:

Mayoritas Penduduk Spanyol Menolak Euro Digital, Apa Alasannya?

Hasil survei terbaru menunjukkan bahwa mayoritas warga Spanyol tidak berminat untuk menggunakan euro digital. Meskipun Bank Spanyol telah menyambut baik kemungkinan adopsi euro digital, tampaknya penduduk negara tersebut tidak memiliki minat yang sama terhadap proyek mata uang digital dari Bank Sentral Eropa.

Pemahaman dan Ketertarikan Publik Terhadap Euro Digital

euro digital

Survei yang dilakukan oleh Bank Spanyol dan Ipsos melibatkan dua kelompok, yaitu masyarakat umum dan perwakilan dari bisnis kecil, dengan total 1.600 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya 20% masyarakat umum yang mengetahui tentang “euro digital”. Angka ini hampir sama dengan persentase di kalangan pengusaha kecil, yaitu 23%.

Baca juga: Bank Spanyol Siap Menghadapi Era Baru dengan Euro Digital, Apa Saja Keuntungannya?

Namun, survei ini dilakukan pada tahun 2022. Pada tahun 2023, hanya 20% yang mengatakan bahwa mereka akan menggunakan euro digital sebagai tambahan metode pembayaran mereka, sementara 65% mengatakan mereka tidak akan.

Ini menunjukkan penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana hanya 58% yang menjawab “Tidak” untuk pertanyaan yang sama.

Respon Generasi Muda dan Komitmen Spanyol terhadap Ekonomi Digital

Kelompok usia yang paling antusias terhadap euro digital adalah generasi muda (18-24 tahun), dengan 36% dari kelompok ini mengatakan mereka akan menggunakan mata uang tersebut. Proporsi ini secara bertahap menurun seiring bertambahnya usia: 31% di antara usia 25-34, 24% di antara usia 35-44, 18% di antara usia 55-64, dan hanya 7% untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Meski begitu, Spanyol baru-baru ini menunjukkan komitmennya yang kuat terhadap tujuan Uni Eropa mengenai ekonomi digital dan telah memutuskan untuk menerapkan Markets in Crypto-Assets (MiCA), kerangka kerja crypto sepanjang Uni Eropa, enam bulan lebih awal dari batas waktu umum.

Meskipun pemerintah Spanyol berkomitmen pada adopsi euro digital, tampaknya masyarakatnya masih membutuhkan waktu untuk menerima dan memahami konsep baru ini.

Kendati demikian, dengan semakin meningkatnya digitalisasi ekonomi dan masyarakat, mungkin hanya masalah waktu sebelum euro digital menjadi bagian penting dari sistem keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: