Gary Gensler Tolak ETF Bitcoin Spot Melalui SEC AS? Ini Faktanya!

Gary Gensler Tolak ETF Bitcoin Spot Melalui SEC AS? Ini Faktanya!

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) belum memberikan persetujuan untuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot. Pada 9 Januari, SEC mengklarifikasi bahwa akun media sosialnya telah dikompromikan, yang menyebabkan munculnya informasi palsu mengenai persetujuan ETF Bitcoin di AS. Informasi yang salah ini sempat beredar selama sekitar 20 menit sebelum dihapus.

Kejadian ini memicu lonjakan harga Bitcoin sekitar 2,5% menjadi $47.901, sebelum turun kembali sekitar 7% menjadi $44.701. Insiden ini menimbulkan spekulasi di kalangan komunitas crypto tentang apa yang bisa berarti bagi SEC dan persetujuan ETF Bitcoin yang telah lama dinantikan.

Dampak dan Reaksi Pasar

Insiden ini telah memicu reaksi dari berbagai pihak, termasuk para pengacara dan politisi di Amerika Serikat. Beberapa senator AS telah meminta Kongres untuk menuntut penyelidikan terhadap regulator tersebut.

Senator Bill Hagerty, misalnya, menyatakan bahwa seperti halnya SEC menuntut akuntabilitas dari perusahaan publik atas kesalahan besar yang mempengaruhi pasar crypto, demikian pula Kongres membutuhkan jawaban atas apa yang baru saja terjadi.

Baca Juga: FINRA Perketat Pengawasan Aset Crypto dalam Laporan Tahunan, Apa Dampaknya?

Senator Cynthia Lummis juga menuntut transparansi dari SEC mengenai peristiwa yang mengarah pada postingan palsu tersebut. Mereka menekankan bahwa pengumuman palsu seperti ini dapat memanipulasi pasar dan memerlukan kejelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Prospek ETF Bitcoin Spot di Masa Depan

etf bitcoin
The image created by AI

Meskipun insiden ini telah menimbulkan kekhawatiran, banyak pengamat industri crypto tidak mengharapkan penundaan dalam keputusan ETF Bitcoin spot, yang diharapkan akan diumumkan pada 10 Januari. Beberapa mengatakan bahwa meskipun ada kemungkinan penundaan, kebanyakan indikasi menunjukkan bahwa persetujuan akan diberikan.

Pengamat ETF Bloomberg, Eric Balchunas, masih mengantisipasi persetujuan resmi ETF Bitcoin spot antara pukul 4:00 hingga 5:00 sore waktu Timur AS (9:00 hingga 10:00 malam UTC) pada 10 Januari. Namun, masih ada kemungkinan bahwa SEC bisa menggunakan insiden ini sebagai alasan untuk memperlambat proses persetujuan.

Kesimpulan

Insiden kompromi akun media sosial SEC dan informasi palsu tentang persetujuan ETF Bitcoin spot telah menimbulkan kegaduhan di pasar crypto.

Meskipun ada kekhawatiran tentang penundaan dalam persetujuan ETF, banyak yang masih optimis bahwa keputusan akan dibuat sesuai jadwal. Kejadian ini menyoroti pentingnya transparansi dan keamanan dalam komunikasi resmi yang berpotensi mempengaruhi pasar.

Baca Juga: Langkah Besar Cleanspark dalam Dunia Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: