Penjualan NFT Solana dan Bitcoin Mencetak Rekor, Mengalahkan Ethereum!

author:

Penjualan NFT Solana dan Bitcoin Mencetak Rekor, Mengalahkan Ethereum!

Di tengah gempuran dunia crypto, penjualan NFT di jaringan Solana dan Bitcoin mencatatkan angka yang mengejutkan. Desember 2023 menjadi saksi bisu pertumbuhan fenomenal di sektor ini, dengan Solana secara mengejutkan melampaui Ethereum dalam volume penjualan bulanan.

Solana: Raja Baru di Dunia NFT

solana vs ethereum
Sumber: Benzinga

Menurut data dari CryptoSlam, Solana, yang dikenal dengan kecepatan dan biaya transaksi rendahnya, mencatat penjualan NFT sebesar $366,5 juta pada Desember 2023. Angka ini hampir menyamai rekor tertinggi mereka yang tercatat pada Oktober 2021, yaitu sekitar $373,5 juta. Menariknya, jumlah pembeli dan penjual unik di Solana pada bulan tersebut mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan Ethereum, dengan hampir 6,6 juta transaksi NFT.

Baca juga: Ekosistem NFT Polkadot Janjikan Masa Depan Cerah bagi Pasar NFT!

Solana tidak hanya mengalami lonjakan dalam nilai penjualan, tetapi juga dalam jumlah transaksi dan pengguna unik. Meskipun rata-rata harga jual NFT di Solana turun dari sekitar $74 pada November menjadi di bawah $56 pada Desember 2023, peningkatan jumlah transaksi menunjukkan minat yang tumbuh di kalangan pengguna.

Bitcoin Mendominasi dengan NFT Ordinals

Bitcoin, yang biasanya tidak dikaitkan dengan NFT, mencatatkan penjualan NFT yang luar biasa pada Desember 2023. Dengan hampir 50% dari total penjualan NFT, Bitcoin mencatatkan $881 juta dari total $1,75 miliar penjualan NFT di 21 blockchain yang dilacak. NFT Bitcoin, atau Ordinals, menonjol karena diukir langsung ke satoshi individu, unit terkecil dari BTC.

Baca juga: Rekor Baru! Transaksi NFT Bitcoin Tembus Angka Fantastis di Desember 2023

Desember 2023 menandai bulan dengan jumlah penjual terbanyak dalam sejarah NFT Bitcoin, mencerminkan popularitas dan penerimaan aset digital yang berkembang. Ini menunjukkan aktivitas yang kuat dalam dunia crypto, menetapkan dasar yang kokoh untuk inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di industri ini.

Ethereum: Stagnan di Tengah Persaingan

upgrade ethereum dendun tertunda
Sumber: Crypto.com

Sementara itu, Ethereum, yang sebelumnya mendominasi pasar NFT, mengalami stagnasi dalam penjualan NFT pada Desember 2023. Dengan total penjualan hampir $350 juta pada November, angka ini hampir tidak berubah di bulan Desember. Ini menandakan pergeseran minat pasar dari Ethereum ke pesaingnya, terutama Solana dan Bitcoin.

Ethereum, yang mengalami kenaikan 9% dalam 30 hari terakhir dan sekitar 44% dalam tiga bulan terakhir, tampaknya tertinggal dalam perlombaan NFT terbaru ini. Meskipun masih menjadi platform pilihan untuk banyak proyek NFT besar, Ethereum kini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari Solana dan Bitcoin.

Secara keseluruhan, Desember 2023 menjadi bulan yang menentukan dalam sejarah NFT, dengan Solana dan Bitcoin muncul sebagai pemimpin baru di pasar. Pertumbuhan ini tidak hanya menunjukkan kekuatan dan ketahanan pasar NFT, tetapi juga menandakan perubahan dinamika dalam ekosistem crypto.

Dengan inovasi yang terus berlangsung, masa depan NFT tampaknya akan semakin cerah dan penuh kejutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: