Volume Penjualan NFT Bitcoin Melonjak Jadi Nomor 2, Bisa Runtuhkan Dominasi Ethereum?

author:

Volume Penjualan NFT Bitcoin Melonjak Jadi Nomor 2, Bisa Runtuhkan Dominasi Ethereum?

Dalam sebuah pergolakan pasar yang mengejutkan, Bitcoin telah meroket ke posisi kedua dalam penjualan NFT (Non-Fungible Tokens), menggeser Solana dan Polygon dari posisi dominannya, dan siap menantang dominasi dari Ethereum.

Meski Ethereum masih memegang posisi teratas, lonjakan Bitcoin dalam penjualan NFT ini menandai perubahan signifikan dalam lanskap pasar NFT.

Bitcoin Mengejutkan Dunia dengan Lonjakan NFT

Bitcoin (BTC), yang sebelumnya lebih dikenal sebagai aset digital daripada platform untuk NFT, baru-baru ini menunjukkan peningkatan dramatis dalam penjualan NFT. Menggeser blockchain seperti Polygon dan Solana, Bitcoin kini berada di posisi kedua dengan $167,47 juta Rp2,4 triliun, hanya satu langkah di belakang Ethereum dalam hal volume penjualan NFT.

volume penjualan nft mei 2023
Sumber: CryptoSlam

Menurut data dari CryptoSlam (23/5/23), Bitcoin mengalami lonjakan secara signifikan dalam 30 hari terakhir. Sementara Ethereum masih berkuasa dengan penjualan $395,95 juta atau Rp5,9 triliun selama periode yang sama, Bitcoin meninggalkan pesaing terdekatnya, seperti Solana dan Mythos Chain, di belakangnya. Para pesaing Bitcoin ini masing-masing telah mengelola $55,8 juta atau Rp832 miliar dan $35,4 juta atau Rp527 miliar dalam penjualan selama 30 hari terakhir.

Lonjakan ini cukup mengejutkan, mengingat Bitcoin sebelumnya tidak dikenal sebagai blockchain yang mendukung NFT. Namun, dengan peningkatan minat dan pengembangan teknologi, Bitcoin telah berhasil merambah pasar NFT dan menunjukkan potensinya yang luar biasa.

Peningkatan penjualan NFT di Bitcoin mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pengembangan infrastruktur NFT di atas Bitcoin dan minat yang tumbuh dari investor dan kolektor. Namun, apa pun penyebabnya, kenaikan ini menunjukkan bahwa Bitcoin menjadi pesaing yang semakin kuat dalam lanskap NFT.

Baca juga: Hype Memecoin Memuncak, Bagaimana Nasib Penjualan dan Volume Pasar NFT?

Menggoyang Dominasi Ethereum dalam Pasar NFT

Penjualan NFT Ethereum Meroket 43% di Januari 2023
Bitcoinist

Meski Ethereum masih menduduki posisi teratas dalam penjualan NFT, lonjakan Bitcoin telah menggoyang dominasi Ethereum. Ini menunjukkan bahwa pasar NFT bukan lagi monopoli Ethereum dan bahwa ada ruang bagi pesaing lain untuk tumbuh dan berkembang.

Seperti yang diketahui, Ethereum telah lama menjadi rumah bagi sebagian besar pasar NFT, namun dengan munculnya Bitcoin sebagai pesaing utama, dinamika pasar mungkin akan berubah. Ini bisa mempengaruhi tidak hanya Ethereum dan Bitcoin, tetapi juga lanskap NFT secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, perubahan ini juga membuka peluang baru bagi para seniman dan kolektor NFT. Dengan lebih banyak platform yang tersedia, mereka sekarang memiliki lebih banyak pilihan dan fleksibilitas ketika datang ke menciptakan dan berinvestasi dalam NFT.

Peningkatan NFT Bitcoin

Dilansir dari Watcher Guru, Ordinals pada Bitcoin memulai debutnya pada Januari 2023 dan telah menjadi topik diskusi yang selalu hangat sejak saat itu. Di satu sisi, orang-orang dari industri ini sangat antusias menyambut NFT ke Bitcoin. Di sisi lain, para skeptis juga telah menyatakan beberapa keraguannya terhadap proyek ini.

Inskripsi Ordinals sangat mirip dengan NFT. Namun, mereka hadir dengan sedikit perbedaan. Bitcoin Ordinals adalah aset digital yang dituliskan pada Satoshi, denominasi terendah Bitcoin. Peningkatan SegWit dan Taproot jaringan yang dilakukan untuk meningkatkan privasi dan efisiensi jaringan membuka pintu bagi inskripsi Satoshi.

Lebih lanjut, menurut data dari Dune Analytics, lebih dari 153,6 ribu inskripsi Ordinals telah dibuat hingga saat ini. Sejalan dengan itu, pengguna juga telah mengeluarkan biaya sebesar $40.913.300 sejauh ini.

Karena peningkatan aktivitas, Bitcoin telah naik ke posisi kedua dalam penjualan NFT. Selama seminggu terakhir, NFT senilai $ 42,6 juta terjual di blockchain Bitcoin. Kenaikan yang disebutkan di atas disertai dengan kenaikan jumlah pembeli dan penjual.

Peningkatan signifikan Bitcoin dalam penjualan NFT telah mengubah dinamika pasar. Meski Ethereum masih memegang posisi teratas, dominasinya tidak lagi pasti. Dengan Bitcoin dan blockchain lainnya menunjukkan potensi mereka, masa depan pasar NFT tampak lebih menarik dan tak terduga dari sebelumnya.

Baca juga: Tiket NFT Siap Digunakan pada Professional Fighters League (PFL), Bisa Berantas Para Calo?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: