Krisis FTX Berdampak pada Pasar, Penjualan Massal ETF Bitcoin!

Krisis FTX Berdampak pada Pasar, Penjualan Massal ETF Bitcoin!

Pasar crypto dikejutkan dengan berita penjualan saham ETF Bitcoin oleh FTX yang sedang mengalami kebangkrutan, dengan nilai mencapai $1 miliar. Kejadian ini memicu penurunan drastis pada nilai Bitcoin, bertentangan dengan ekspektasi pasar yang sebelumnya mengharapkan peningkatan harga menyusul persetujuan ETF. Simak informasi lengkapnya berikut ini!

FTX dan Penjualan Skala Besar

Meskipun tengah dilanda krisis keuangan, FTX berhasil menuntaskan penjualan saham dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang telah diubah menjadi ETF. Penjualan ini mengakhiri seluruh kepemilikan FTX atas GBTC, yang per 25 Oktober 2023 berjumlah 22,3 juta saham senilai $597 juta.

Aksi penjualan dalam jumlah besar ini menjadi pusat perhatian karena diperkirakan akan mengurangi tekanan penjualan pada GBTC. Dengan konversi GBTC menjadi ETF, terjadi peningkatan aliran dana masuk ke ETF Bitcoin yang baru, sementara GBTC mengalami penarikan dana.

FTX, yang memiliki portofolio crypto yang luas, telah melepas sekitar 22 juta sahamnya. Ini menandai berakhirnya era kepemilikan FTX atas GBTC dan memunculkan spekulasi mengenai potensi penurunan tekanan penjualan pada GBTC.

Baca Juga: FTX Jual Aset Senilai $744 Juta untuk Lunasi Hutang, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Pengaruh Penjualan terhadap Nilai Bitcoin

ftx jual aset
Sumber: CCN

Dengan disetujuinya ETF Bitcoin, banyak pihak mengharapkan adanya lonjakan nilai. Namun, yang terjadi adalah penurunan nilai Bitcoin yang cukup besar. Penjualan massal oleh FTX ini menambah beban penjualan di pasar, yang bertolak belakang dengan prediksi bullish yang sebelumnya diharapkan.

Meski penjualan saham GBTC oleh FTX telah rampung, efeknya masih terasa di pasar. Kejadian langka seperti penjualan oleh entitas yang bangkrut ini jarang terjadi dan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi penarikan dana dari GBTC. Pasar kini menunggu untuk melihat apakah tekanan penjualan akan berkurang pasca penjualan besar-besaran oleh FTX.

Kesimpulan

Aksi penjualan saham ETF Bitcoin oleh FTX telah menggoyahkan pasar crypto dan menyebabkan penurunan nilai Bitcoin. Ke depannya, para investor mungkin akan lebih waspada dalam menghadapi dampak dari peristiwa serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi