Heboh! Penambang Bitcoin Jual $450 Juta BTC dalam Sehari, Ada Apa?

author:

Heboh! Penambang Bitcoin Jual $450 Juta BTC dalam Sehari, Ada Apa?

Penambang Bitcoin telah memulai gelombang penjualan yang signifikan, dengan penjualan lebih dari 10.000 Bitcoin dalam satu hari.

Ini merupakan penurunan simpanan terbesar yang tercatat dalam satu tahun terakhir, memicu spekulasi di kalangan investor tentang potensi perubahan arah pasar.

Penambang Bitcoin Melepas Ribuan BTC

Sumber: X

Para penambang Bitcoin telah memilih untuk menjual secara besar-besaran, menyebabkan simpanan mereka menyusut hingga mencapai level terendah dalam 12 bulan terakhir. Berdasarkan data dari CryptoQuant, terjadi penurunan sekitar 10.233 BTC pada tanggal 17 Januari 2024, yang nilainya setara dengan $450 juta.

Baca juga: Heboh! Saham Penambangan Bitcoin Lampaui $3,5 Miliar dalam Sehari

Aksi jual ini terjadi setelah mereka mengumpulkan Bitcoin selama pertengahan tahun 2023, ketika harga Bitcoin berada pada posisi yang lebih rendah. Penurunan hashrate Bitcoin sebesar 34% juga menjadi perhatian, mencapai titik terendah yang belum pernah terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh penambang yang menghentikan operasi mereka untuk mengurangi konsumsi energi di Texas selama kondisi cuaca yang ekstrem. Hal ini menunjukkan betapa krusialnya peran jaringan Bitcoin dalam menjaga keseimbangan jaringan listrik.

ETF Bitcoin Menyerap Tekanan Jual?

rekor inflow etf bitcoin
The image created by Ai

Meskipun penambang melakukan penjualan dalam jumlah yang besar, harga Bitcoin tetap stabil. Kestabilan ini mungkin disebabkan oleh masuknya dana yang besar ke dalam ETF Bitcoin, dengan investasi yang hampir mencapai $900 juta hanya dalam empat hari setelah diluncurkannya. ETF ini mungkin telah menyerap tekanan jual dan mendukung pembelian Bitcoin di pasar terbuka.

Di sisi lain, saham perusahaan penambangan Bitcoin mengalami penurunan setelah mengalami kenaikan yang signifikan di tahun 2023. Namun, sebuah laporan dari Bernstein menyarankan bahwa penurunan kinerja saham penambangan saat ini dapat dianggap sebagai kesempatan untuk berinvestasi.

Laporan tersebut menggarisbawahi berbagai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan ini, termasuk penurunan minat dari investor dan pengaruh dari harga Bitcoin yang lebih rendah.

Baca juga: Dominasi 5 Pool Penambangan Bitcoin: Menguak Rahasia di Balik 84% Blok Bitcoin!

Apakah Ini Waktu yang Tepat untuk Menjual?

Dalam kondisi pasar yang ada saat ini, pertanyaan yang sering muncul di kalangan investor adalah apakah ini waktu yang tepat untuk melepas Bitcoin mereka. Aksi jual besar-besaran oleh penambang dan penurunan hashrate menandakan adanya pergeseran dalam dinamika pasar.

Namun, kestabilan harga Bitcoin dan pertumbuhan ETF memberikan pandangan yang berbeda. Investor disarankan untuk mempertimbangkan semua faktor ini sebelum mengambil keputusan jual atau beli.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: