Kenapa Harga Bitcoin Anjlok (22/8)? Rahasia Dibalik Penurunan Harga Terbaru!

Kenapa Harga Bitcoin Anjlok (22/8)? Rahasia Dibalik Penurunan Harga Terbaru!

Bitcoin, mata uang crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar, tampaknya mengalami penurunan yang lebih dalam setelah mengalami pekan terburuk sejak November 2022.

Tapi, apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari penurunan drastis ini?

Pola Historis yang Menjelaskan Penurunan Harga

Benjamin Cowen, CEO dan pendiri ITC Crypto, mengungkapkan alasan di balik penurunan harga Bitcoin melalui sebuah tweet terbaru.

Cowen menyoroti pola historis yang sering terjadi pada bulan Agustus dan September, yang mengakibatkan koreksi harga BTC.

Baca Juga: Volatilitas Bitcoin Menurun (21/8/23), Menandakan Akhir dari Lonjakan Harga yang Besar?

Menariknya, dalam setiap siklus sebelumnya, Bitcoin seringkali jatuh di bawah band dukungan pasar bullish-nya (BMSB) pada bulan Agustus dan September di tahun pre-halving block reward.

Dampak Pasar Global pada Bitcoin

Penurunan ini juga sejalan dengan penurunan di SPX, yang turun sekitar 5% bulan ini. Cowen menekankan bahwa ini bukanlah hal yang tidak biasa, karena tahun-tahun pre-halving block reward seringkali melihat baik bull dan bear mengalami kerugian.

Selain itu, kemungkinan meningkatnya biaya pinjaman untuk periode yang lebih lama telah meredam selera untuk investasi berisiko di pasar global, yang juga berkontribusi pada penurunan BTC.

Harapan untuk Masa Depan

Twitter

Minggu ini, para bankir sentral terkemuka akan berkumpul di Jackson Hole untuk konferensi tahunan Federal Reserve.

Ucapan dari Ketua Fed, Jerome Powell, pada akhir Agustus akan diamati dengan cermat untuk petunjuk tentang pandangan kebijakan Fed.

Analis memperkirakan indeks saham S&P 500 akan turun lagi sekitar 2% hingga 3%, dengan Bitcoin turun ke sekitar $25,000.

Baca Juga: Backlog Transaksi Bitcoin: Melonjak Lebih dari 400.000 dalam 2 Minggu, Apa Artinya?

Namun, industri crypto masih berharap mendapatkan dorongan dari aplikasi yang sedang menunggu untuk meluncurkan dana bursa Bitcoin dan Ether futures di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: