Waspada! Transaksi Penipuan Berkedok Cinta di Korea Selatan Capai $82 Juta

Waspada! Transaksi Penipuan Berkedok Cinta di Korea Selatan Capai $82 Juta

Cryptocurrency telah menjadi alat pembayaran crypto yang populer di Korea Selatan. Namun, di balik popularitasnya, cryptocurrency juga menjadi sarana bagi para penipu untuk melancarkan aksinya.

Baru-baru ini, otoritas Korea Selatan melaporkan bahwa transaksi penipuan berkedok cinta yang menggunakan cryptocurrency telah mencapai $82 juta pada tahun 2023.

Modus Penipuan Berkedok Cinta

Modus Penipuan Berkedok Cinta

X/@cryptonews

Para penipu biasanya menggunakan aplikasi kencan atau media sosial untuk mendekati korbannya. Mereka akan membangun hubungan emosional dengan korban dan kemudian mulai membujuk korban untuk berinvestasi dalam cryptocurrency.

Baca Juga: Apakah Bitcoin Akan Mengalami Guncangan Besar? Ini Analisis Terkini!

Para penipu biasanya menjanjikan keuntungan yang besar dan meyakinkan korban bahwa investasi mereka aman. Setelah korban tertipu dan menyetor uangnya, para penipu akan langsung menghilang. Korban tidak akan bisa lagi menghubungi mereka dan uang mereka akan raib.

Upaya Pemerintah Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah penipuan berkedok cinta yang menggunakan cryptocurrency.

Otoritas Jasa Keuangan Korea Selatan (FSS) telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan ini. FSS juga telah bekerja sama dengan bursa crypto untuk memblokir transaksi yang mencurigakan.

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Cinta

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan berkedok cinta yang menggunakan cryptocurrency:

– Jangan pernah memberikan informasi pribadimu, seperti nomor telepon, alamat, atau informasi keuangan, kepada orang yang baru kamu kenal secara online.

– Jangan pernah menginvestasikan uangmu dalam cryptocurrency atau skema investasi lainnya yang ditawarkan oleh orang yang tidak kamu kenal.

– Jika kamu merasa curiga terhadap seseorang yang kamu temui secara online, segera laporkan kepada pihak berwenang.

Paragraf Penutup

Penipuan berkedok cinta yang menggunakan cryptocurrency merupakan masalah serius yang harus diwaspadai. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat melindungi dirimu dari penipuan ini dan menjaga keamanan uangmu.

Baca Juga: Korea Selatan Berupaya Bekukan Aset Crypto Korea Utara: Langkah Strategis Melawan Pencurian Digital?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi