California Batasi Transaksi ATM Bitcoin Sebesar $1,000 per Hari untuk Memerangi Penipuan

author:

California Batasi Transaksi ATM Bitcoin Sebesar $1,000 per Hari untuk Memerangi Penipuan

Kasus penipuan melalui ATM Bitcoin semakin meningkat dan mengkhawatirkan. Seorang warga San Jose, Jim Meduri, menjadi korban penipuan yang merugikan dirinya sebesar $15,000. Apakah regulasi baru di California mampu mengatasi penipuan seperti ini?

Penipuan Melalui ATM Bitcoin

Bitcoin Depot Lakukan Konversi 7.000 ATM Crypto
Sumber: Techno Pixel

Seorang warga San Jose, Jim Meduri, menjadi korban penipuan yang melibatkan ATM Bitcoin. Seorang pria yang mengaku sebagai putranya menelepon dan mengaku telah terlibat dalam kecelakaan mobil.

Baca juga: Belum Punya Regulasi Crypto, ATM Crypto Sudah Terpasang di Ibukota Negara Ini

Dalam keadaan panik, Meduri setuju untuk mengirim uang jaminan melalui crypto. Dia diminta untuk memasukkan $15,000 ke dalam mesin ATM Bitcoin dan mentransfer uang tersebut.

Ketika Meduri menyadari bahwa dia telah ditipu, uangnya sudah tidak bisa dikembalikan. Penipuan seperti ini semakin sering terjadi dan menjadi fokus para penegak hukum. ATM Bitcoin yang tersebar di berbagai tempat seperti toko kelontong, pom bensin, dan bahkan toko roti, menjadi sarana yang mudah bagi penipu untuk melakukan aksinya. Transaksi melalui ATM Bitcoin lebih sulit dilacak dibandingkan dengan transfer wire atau cek.

Regulasi Baru di California

california batasi transaksi atm bitcoin
Sumber: GovTech

Berdasarkan latar belakang tersebut, legislator California telah mengajukan rancangan undang-undang baru berjudul “Kios transaksi aset keuangan digital,” yang menyerukan pembatasan penarikan ATM crypto sebesar $1,000 per hari karena meningkatnya penipuan.

Selain itu, mulai tahun 2025, undang-undang tersebut akan membatasi biaya operator hingga $5 atau 15% (mana saja yang lebih tinggi). RUU ini, jika disetujui, akan mulai berlaku pada 1 Januari 2024.

Lebih lanjut, RUU ini diperkenalkan setelah anggota legislatif mengunjungi ATM crypto di Sacramento dan menemukan markup setinggi 33% pada beberapa aset crypto dibandingkan dengan harganya di bursa crypto. Rata-rata, ATM kripto mengenakan biaya antara 12% dan 25%, menurut analisis legislatif.

Pejabat pemerintah juga menemukan ATM dengan batas setinggi $50,000, yang mendorong mereka untuk mengambil langkah-langkah regulasi untuk mengekang premi dan batas penarikan yang tinggi. Ada lebih dari 3.200 ATM Bitcoin di California, menurut Coin ATM Radar.

Baca juga: Melawan Tren Penurunan, Mesin ATM Crypto di Dunia Bertambah 1.400 Pada Mei 2023!

Meskipun demikian, operator ATM Bitcoin berpendapat bahwa regulasi baru ini akan merugikan industri mereka dan bisnis kecil yang mereka sewa untuk tempat mesin. Namun, korban penipuan ATM Bitcoin berpendapat bahwa pembatasan transaksi ini akan memberi waktu bagi orang untuk menyadari bahwa mereka sedang ditipu dan mencegah mereka menggunakan jumlah uang tunai yang besar untuk membeli crypto.

Upaya Pemulihan Dana

Meski sulit, ada kemungkinan bagi korban penipuan crypto untuk mendapatkan kembali uang mereka. Erin West, seorang jaksa penuntut wilayah Santa Clara yang membantu Meduri memulihkan uangnya, mengatakan bahwa timnya telah berhasil memulihkan $2,5 juta untuk korban penipuan dengan melacak pertukaran crypto yang terlibat dalam transaksi.

Pada akhirnya, meskipun regulasi baru di California diharapkan dapat membantu mencegah penipuan melalui ATM Bitcoin, masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Penipuan seperti ini tidak hanya merugikan korban secara finansial, tetapi juga merusak kepercayaan publik terhadap teknologi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: