Peningkatan Jumlah Developer di Solana dan Persaingan di Pasar ETF Bitcoin!

Peningkatan Jumlah Developer di Solana dan Persaingan di Pasar ETF Bitcoin!

Kemajuan yang signifikan terjadi di dalam ekosistem Solana, sementara pasar cryptocurrency mengalami pemanasan dengan adanya persaingan yang semakin tajam. Data terkini menunjukkan lonjakan jumlah pengembang yang bekerja dengan Solana, dan di arena ETF Bitcoin, persaingan harga menjadi semakin kompetitif. Mari kita dalami lebih jauh tentang perkembangan terbaru yang menggoyang industri crypto!

Pertumbuhan Pengembang di Solana

monthly active developer

Yayasan Solana mengungkapkan adanya peningkatan dramatis dalam jumlah pengembang yang aktif setiap bulan. Dalam setahun terakhir, tercatat kisaran 2.500 hingga 3.000 pengembang yang aktif bekerja pada blockchain Solana setiap bulannya.

Meskipun terdapat perbedaan angka dengan laporan dari Electric Capital yang menyatakan hanya ada 946 pengembang pada Oktober tahun sebelumnya, Solana tetap yakin dengan posisinya sebagai ekosistem dengan jumlah pengembang terbanyak kedua setelah Ethereum.

Solana menarik perhatian dengan peningkatan retensi pengembangnya yang mencapai 50% dalam tiga bulan terakhir. Ini memberikan efek yang menguntungkan terhadap aktivitas jaringan dan peningkatan nilai token Solana (SOL), yang mengalami kenaikan lebih dari 11% dalam waktu 24 jam terakhir. Peningkatan ini menunjukkan adanya minat yang bertumbuh dari kalangan institusi terhadap token tersebut.

Baca Juga: Peluncuran ETF Bitcoin Spot di AS Semakin Dekat, Ini Strategi BlackRock dan VanEck!

Kompetisi Harga ETF Bitcoin

Di ranah lain, persaingan harga di pasar ETF Bitcoin menjadi semakin intens dengan adanya pengajuan perubahan formulir S-1 oleh beberapa kandidat. BlackRock, Ark Invest/21Shares, dan VanEck adalah beberapa nama yang menawarkan tarif yang sangat bersaing.

BlackRock bahkan menetapkan tarif hanya sebesar 0,3%, yang akan turun menjadi 0,2% untuk tahun pertama atau sampai ETF tersebut mencapai aset sebesar $5 miliar. Ark/21Shares juga mengurangi tarifnya dari 0,8% menjadi 0,25% untuk dapat bersaing, dengan penawaran bebas biaya untuk enam bulan pertama atau sampai ETF mencapai aset $1 miliar.

Penurunan tarif ini menandakan persaingan harga yang sangat ketat di sektor ETF Bitcoin, yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap keputusan para investor.

Kesimpulan

Perkembangan yang terjadi di ekosistem Solana dan pasar ETF Bitcoin menandakan bahwa industri crypto terus bergerak dengan dinamis dan penuh persaingan. Lonjakan jumlah pengembang dan kompetisi harga ETF Bitcoin merupakan indikator bahwa sektor ini masih terbuka lebar untuk inovasi dan pertumbuhan. Bagi Anda yang merupakan investor atau pemerhati crypto, sangat penting untuk terus memperbarui informasi agar dapat memanfaatkan setiap kesempatan yang muncul.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi