Bitcoin Melesat! Apa Kaitannya Dengan Pertumbuhan Minat Negara Terhadap BRICS?

Bitcoin Melesat! Apa Kaitannya Dengan Pertumbuhan Minat Negara Terhadap BRICS?

Harga mata uang crypto utama, Bitcoin (BTC), terus tumbuh seiring BRICS mendapatkan lebih banyak perhatian dari beberapa negara.

Pada saat penulisan, BTC diperdagangkan dengan harga $29.887.56, menurut data dari Marketcap.

Minat Negara Bergabung dengan BRICS Meningkat

Hingga Kamis, 20 Juli, lebih dari 40 negara telah menunjukkan minat untuk bergabung dengan kelompok ekonomi dunia yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Aliansi BRICS Siap Sambut 3 Negara Baru pada Agustus 2023!

Menurut Anil Sooklal, duta besar Afrika Selatan untuk blok ini, 22 dari negara-negara ini telah mengajukan aplikasi resmi untuk menjadi anggota BRICS.

Bitcoin Sebagai Alternatif Untuk BRICS

brics bangladesh
Sumber: Bullion Bite

Untuk mencapai penggantian dolar, BRICS telah mencari alternatif lain dan kini sedang mempertimbangkan penerbitan mata uang global.

Naledi Pandor, Menteri Hubungan Internasional dan Kerjasama Afrika Selatan, mengungkapkan bahwa anggota BRICS dan negara-negara lain yang berminat mempertanyakan kebutuhan untuk mengandalkan dolar AS untuk transaksi mereka, terutama dalam pembayaran lintas batas.

Baca Juga: Bangladesh Berpotensi Gabung BRICS, Rumor Permintaan Resmi Menggema, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

Bitcoin mungkin menjadi pilihan alternatif untuk negara-negara BRICS karena berpotensi berfungsi sebagai aset cadangan bagi negara-negara dan akan memberikan desentralisasi dari Dolar.

Banyak yang percaya bahwa pencapaian ini akan mengurangi risiko mata uang dan ketidakstabilan ekonomi, dan dalam jangka panjang, memberikan perlindungan terhadap sistem keuangan tradisional.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: