Melonjak 3x Lipat Sejak Januari 2023, Jumlah Miliarder Bitcoin Kini Mencapai 88 Ribu!

author:

Melonjak 3x Lipat Sejak Januari 2023, Jumlah Miliarder Bitcoin Kini Mencapai 88 Ribu!

Dunia mata uang crypto sedang mengalami transformasi besar, yang ditunjukkan oleh peningkatan drastis jumlah miliarder Bitcoin. Pada tahun 2023, jumlah alamat yang memiliki Bitcoin senilai lebih dari $1 juta atau setara dengan Rp15 miliar telah meningkat lebih dari tiga kali lipat, mencapai angka yang luar biasa.

Pertumbuhan Cepat Jumlah Miliarder Bitcoin

Menurut laporan Finbold, pada 12 November 2023, jumlah miliarder Bitcoin mencapai 88.628, menandakan peningkatan substansial sebesar 60.544 dari 28.084 miliarder yang dilaporkan pada awal Januari 2023. Lonjakan miliarder Bitcoin ini menandai peningkatan tiga kali lipat pada tahun 2023, setara dengan pertumbuhan 215% yang luar biasa.

Baca juga: Rekor Baru! Arus Masuk Dana Crypto Tembus $1 Miliar, 3 Crypto Ini Memimpin Lonjakan!

Di sisi lain, Bitcoin telah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan, mendekati $38,000 minggu lalu dan berada di kisaran $37,000 pada awal hari Senin. Kenaikan harga ini mencerminkan performa pasar Bitcoin yang kuat dan menunjukkan adanya tren yang lebih besar yang sedang terbentuk di pasar crypto.

Berdasarkan laporan BeInCrypto, pemegang Bitcoin jangka pendek juga telah memanfaatkan kenaikan ini dengan menjual dan meraih keuntungan lebih dari $1,8 miliar.

“Mayoritas arus masuk ke bursa disebabkan oleh pemegang jangka pendek, yang mengindikasikan keuntungan signifikan yang diperoleh dari reli baru-baru ini. Pemegang Bitcoin jangka pendek berpotensi mengambil keuntungan, dan aktivitas ini dapat mempengaruhi dinamika pasar,” kata seorang penulis terverifikasi di CryptoQuant.

miliarder bitcoin
Jumlah Jutawan Bitcoin. Sumber: Glassnode

Tren kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya jumlah jutawan di pasar didukung oleh tren likuiditas yang kuat. Data dari Glassnode, perusahaan intelijen pasar on-chain terkemuka, menunjukkan bahwa pasokan Bitcoin yang tersedia telah mencapai titik terendah dalam sejarah, yang mengindikasikan pengetatan pasokan dan keengganan di antara para pemiliknya untuk menjual.

Minat Institusional Meningkat

permohonan etf bitcoin blackrock sec
Sumber: Cryptoslate

Selain itu, minat terhadap Bitcoin dan Ethereum telah melampaui angka $20 miliar untuk pertama kalinya sejak jatuhnya FTX. Ini menunjukkan peningkatan aktivitas pasar dan tingkat minat. Faktanya, tren ini semakin didorong oleh modal institusional.

Peningkatan pangsa pasar Chicago Mercantile Exchange (CME) menunjukkan bahwa ini adalah tempat yang disukai oleh perusahaan keuangan tradisional besar untuk mendapatkan eksposur ke crypto.

“Minat terbuka berjangka Bitcoin di CME telah menyalip Binance, sebuah tanda bahwa institusi-institusi serius untuk memulai dan bertaruh pada potensi persetujuan ETF (exchange-traded fund). Pendanaan abadi terus meningkat, sementara itu, term forward dan pembalikan risiko terus meningkat sepanjang minggu ini,” kata para analis di QCP Capital.

Baca juga: Keuntungan Penambangan Bitcoin Mencapai Puncak Tahunan, Apa yang Mendorongnya?

Bitcoin Menuju Puncak Baru

Saat ini, Bitcoin berusaha untuk mencapai puncak baru seiring dengan peningkatan nilai yang signifikan. Menurut laporan Finbold, ada potensi persetujuan untuk 12 ETF Bitcoin terpisah dalam minggu depan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Di antara para pelamar adalah BlackRock, perusahaan investasi terkemuka di dunia, yang bisa berdampak signifikan pada pasar jika disetujui.

Dengan demikian, peningkatan jumlah miliarder Bitcoin dan tren bullish lainnya di pasar crypto menunjukkan bahwa kita mungkin berada di ambang era baru dalam sejarah crypto. Dengan pengetahuan ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk terlibat dalam pasar crypto jika belum melakukannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: