Peningkatan Alamat Bitcoin Aktif: Apakah Ini Indikator Baru dalam Volatilitas Pasar?

Peningkatan Alamat Bitcoin Aktif: Apakah Ini Indikator Baru dalam Volatilitas Pasar?

Data on-chain menunjukkan bahwa alamat Bitcoin aktif telah mengalami peningkatan belakangan ini. Lantas, apa arti di balik fenomena ini untuk pasar Bitcoin? Mari kita uraikan lebih lanjut.

Lonjakan Alamat Aktif Bitcoin Menyusul Kenaikan Volatilitas

Berdasarkan data dari firma analitik on-chain Santiment, aktivitas di jaringan Bitcoin telah meningkat cukup drastis baru-baru ini.

“Alamat aktif” di sini merujuk kepada alamat Bitcoin yang berpartisipasi dalam beberapa jenis aktivitas transaksi di blockchain. Alamat ini bisa menjadi pengirim maupun penerima.

Apa Implikasi Peningkatan Alamat Aktif Bitcoin Terhadap Pasar?

“Alamat aktif harian,” sebuah indikator on-chain, mengukur total jumlah alamat unik yang muncul di jaringan setiap hari.

Dengan “unik,” yang dimaksud di sini adalah metrik ini hanya menghitung setiap alamat aktif sekali saja, yang berarti bahwa bahkan jika sebuah dompet membuat beberapa transaksi dalam jangka waktu 24 jam, kontribusinya pada indikator tetap hanya satu unit.

Keuntungan dari menghitung alamat unik adalah bahwa alamat-alamat unik ini dapat diasumsikan sebagai pengguna individual.

Oleh karena itu, setiap kali indikator alamat aktif harian memiliki nilai yang tinggi, berarti sejumlah besar pengguna sedang mengunjungi blockchain saat ini.

Baca Juga: Kode Rahasia di Balik Kunci Bitcoin Hal Finney – Apa Sebenarnya yang Terjadi?

Tren semacam ini bisa menjadi tanda bahwa pedagang sedang aktif di pasar saat ini. Namun, nilai rendah dari metrik ini menunjukkan bahwa jaringan sedang mengalami aktivitas yang rendah saat ini.

Tren seperti ini mungkin menunjukkan bahwa saat ini tidak banyak minat di seputar Bitcoin di antara investor umum.

Sekarang, berikut adalah grafik yang menunjukkan tren alamat aktif harian Bitcoin selama setengah tahun terakhir:

Alamat Aktif Bitcoin

Bitcoin Active Addresses
Santiment

Sebagai yang ditampilkan dalam grafik di atas, metrik alamat aktif Bitcoin telah melonjak baru-baru ini seiring dengan fluktuasi harga cryptocurrency yang cukup tinggi.

Ini mungkin mengimplikasikan bahwa volatilitas terbaru telah memicu pembaruan utilitas jaringan, yang berarti bahwa investor saat ini secara aktif menggunakan blockchain untuk berbagai tujuan transaksi.

Baca Juga: Penurunan Dominasi Dolar AS: Apakah Ini Saatnya Bitcoin Menjadi Mata Uang Alternatif?

Jaringan Bitcoin yang mengamati tingkat utilitas yang tinggi dapat menjadi bullish dalam jangka panjang, karena menunjukkan adopsi dan keterlibatan dari pengguna.

Dalam jangka pendek, bagaimana pun, ini dapat menimbulkan volatilitas lebih lanjut untuk harga, karena sejumlah besar pengguna melakukan transfer sekaligus dapat memberikan bahan bakar yang diperlukan untuk pergerakan tajam dalam aset tersebut.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: