Adopsi Crypto di Amerika Latin Meningkat Pesat! Apa Faktor Utamanya?

Adopsi Crypto di Amerika Latin Meningkat Pesat! Apa Faktor Utamanya?

Amerika Latin saat ini sedang mengalami peningkatan signifikan dalam adopsi crypto. Berdasarkan penelitian terkini, penggunaan aset digital ini di wilayah tersebut semakin populer sebagai respons terhadap devaluasi mata uang dan inflasi. Jadi, apa saja yang harus kamu pahami tentang fenomena ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Adopsi Crypto di Amerika Latin Meningkat

adopsi crypto meningkat
Adopsi Crypto Meningkat. Sumber: Chainanalysis

Laporan dari Chainalysis menunjukkan bahwa adopsi crypto di Amerika Latin semakin meluas. Wilayah ini kini berada di peringkat ketujuh dalam ekonomi crypto global, dengan 7,3% dari total nilai crypto yang diterima antara Juli 2022 dan Juni 2023.

Meskipun investasi dari institusi masih lebih rendah dibandingkan dengan Asia, Amerika Serikat, dan Eropa, Amerika Latin mencatat angka yang cukup impresif dari pengguna perorangan. Argentina, Meksiko, dan Brasil bahkan berada di 20 besar secara global.

Ekonomi di wilayah ini memanfaatkan crypto untuk pengiriman uang dan pembayaran internasional. Banyak yang menggunakan Bitcoin dan stablecoins sebagai proteksi terhadap inflasi.

“Pihak industri mungkin tertarik untuk melihat apakah bagian ini akan meningkat dalam beberapa tahun mendatang, baik untuk Meksiko maupun negara-negara Amerika Latin lainnya dengan pasar pengiriman uang yang besar,” kata laporan tersebut.

Baca Juga: Pengguna Crypto di Amerika Latin Lebih Memilih CEX daripada DeFi, Apa Alasannya?

Peningkatan Penggunaan Centralized Exchange (CEX)

Selain peningkatan penggunaan, karakteristik lain yang menonjol adalah peningkatan jumlah Centralized Exchange (CEX) dibandingkan dengan wilayah lain.

“Amerika Latin menunjukkan preferensi tertinggi untuk CEX dari semua wilayah yang kami pelajari, dan sedikit menjauh dari aktivitas institusional dibandingkan dengan wilayah lain,” bunyi laporan tersebut.

Di Venezuela, CEX mencakup 92,5% dari perdagangan, sementara decentralized exchange (DEX) hanya menunjukkan 5,6%, jauh di bawah penggunaan DEX global sebesar 44%. Angka-angka di Kolombia juga di atas angka CEX global sebesar 48,1%, dengan warganya melakukan 74% transaksi melalui CEX dan 21% melalui DEX.

Baca Juga: Amerika Latin Pimpin Dunia dalam Adopsi CBDC, Ini Laporan Terbaru dari IMF!

Argentina dan Venezuela: Negara dengan Pertumbuhan Crypto Terbesar

argentina dan venezuela
Sumber: Akun X Cryptonews

Argentina mencatat angka crypto yang tinggi tahun ini seiring dengan masalah ekonomi yang dihadapi negara tersebut. Sebagai negara dengan inflasi tiga digit, calon presiden telah mengungkapkan rencana untuk menggunakan aset digital untuk menghidupkan kembali ekonominya.

Di sisi lain, adopsi aset digital di Venezuela melonjak setelah pandemi Covid-19. Penolakan pemerintah terhadap bantuan asing mendorong donatur dan layanan medis beralih ke aset virtual.

Dengan adanya peningkatan adopsi crypto di Amerika Latin, ini menunjukkan bahwa aset digital ini semakin diterima oleh masyarakat. Hal ini juga menunjukkan potensi besar crypto sebagai alat untuk mengatasi masalah ekonomi dan keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: