Bank Korea Mengajak 100.000 Warganya untuk Lakukan Uji Coba CBDC !

Bank Korea Mengajak 100.000 Warganya untuk Lakukan Uji Coba CBDC !

Bank of Korea (BOK) baru-baru ini mengungkapkan rencana besar mereka untuk melibatkan 100.000 warga negara dalam pengujian mata uang digital pusat bank (CBDC) mereka. Rencana pengujian ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada kuartal terakhir tahun 2024 dan berlangsung selama periode tiga bulan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

CBDC: Uang Digital Masa Depan

bank korea cbdc
Sumber: Coinpedia

CBDC merupakan bentuk inovatif dari uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral. Dalam konteks ini, BOK berkeinginan untuk melakukan pengujian CBDC mereka dengan memberikan kesempatan kepada 100.000 warga Korea Selatan untuk melakukan pembelian barang menggunakan token deposit.

Token ini akan dikeluarkan oleh bank komersial dalam format CBDC, yang berfungsi serupa dengan voucher belanja. Namun, penggunaan CBDC ini akan dibatasi hanya untuk transaksi pembayaran. Tidak ada pilihan untuk menyimpan, menukar, atau mentransfernya ke pengguna lain. Tujuan dari tahap pengujian ini adalah untuk menilai kelayakan dan efisiensi dari penerbitan dan distribusi mata uang ini.

Baca Juga: Bank of Korea dan Korea Exchange akan Menguji Aplikasi CBDC untuk Pasar Kredit Karbon!

CBDC dan Perdagangan Emisi Karbon

bank sentral korea selatan cbdc
Sumber: CoinGeek

Selain itu, BOK juga berencana untuk bekerja sama dengan Korea Exchange untuk menggabungkan CBDC baru mereka ke dalam sistem simulasi perdagangan emisi karbon. Ini akan mencakup pengujian kelayakan transaksi pengiriman versus pembayaran antara hak emisi karbon dan token pembayaran.

Pernyataan ini disampaikan oleh BOK seiring dengan kunjungan Agustin Carstens, manajer umum Bank for International Settlements (BIS), ke Seoul. Carstens telah merujuk proyek CBDC Korea ini sebagai “won digital”.

Melalui pengujian ini, Korea Selatan menunjukkan ambisinya untuk menjadi pemimpin dalam adopsi CBDC global. Dengan dukungan teknis dari BIS, negara ini berharap untuk membuktikan bahwa CBDC dapat menjadi solusi untuk tantangan yang ada dalam sistem voucher saat ini, seperti biaya transaksi yang tinggi, proses penyelesaian yang lambat, dan keterbatasan verifikasi pasca-transaksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: