Keberhasilan Besar Ripple: Penguji Pasar Otomatis (AMM) Berhasil Lulus Audit

Keberhasilan Besar Ripple: Penguji Pasar Otomatis (AMM) Berhasil Lulus Audit

XLS-30d Ripple, sebuah Automated Market Maker (AMM) yang dikembangkan di atas XRP Ledger, baru-baru ini berhasil menjalani audit keamanan yang dilakukan oleh firma keamanan blockchain, CertiK.

CertiK telah menilai keamanannya dan mengkonfirmasi kepatuhannya terhadap standar keamanan tinggi, yang menyoroti pentingnya evolusi fungsi pertukaran desentralisasi.

Pemahaman AMM dan Fungsi XLS-30d

AMM adalah jenis protokol yang digunakan dalam decentralized exchange (DEX) yang menentukan harga aset menggunakan perhitungan matematika tertentu.

Alih-alih menggunakan buku pesanan seperti bursa tradisional, di mana pembeli dan penjual membuat pesanan pada harga yang berbeda, AMM menetapkan harga token berdasarkan algoritma penentuan harga.

Baca Juga: Pasar AS Penting Bagi Ripple? Ini Kata Pengacara John Deaton!

Dalam AMM, penyedia likuiditas menyetor pasangan token ke dalam liquidity pools. Pools ini membuat perdagangan menjadi mungkin karena pengguna dapat berdagang langsung dengan kolam, alih-alih harus mencari orang lain untuk berdagang.

Proposal XLS-30d, yang diperkenalkan pada Januari 2023, membawa sejumlah fitur baru seperti jenis transaksi baru, pemungutan suara pada biaya perdagangan serta mekanisme lelang terus-menerus.

CertiK dan Komitmen untuk Keamanan

pasar as bagi ripple

Didirikan pada tahun 2018, CertiK terutama berfokus pada identifikasi kerentanan potensial dalam protokol blockchain dan kontrak pintar untuk memastikan keamanan dan kebenarannya.

Selain audit keamanan, CertiK menyediakan layanan pemantauan on-chain, dan telah mengembangkan produk bernama Skynet yang memberikan skor keamanan pada kontrak pintar dan protokol blockchain.

Perlu dicatat bahwa CertiK baru-baru ini menghadapi kontroversi setelah adanya pelanggaran keamanan signifikan.

Merlin DEX, sebuah bursa desentralisasi pada platform zkSync, dikompromikan oleh pelaku jahat beberapa hari setelah CertiK melakukan audit.

Baca Juga: Prediksi Harga Ripple (XRP) 2023: Harga Ripple Berpotensi Meroket 181%?!

Firma tersebut membela kualitas auditnya dan mengatributkan kerugian pada masalah manajemen kunci pribadi bukan pada kesalahan dalam kode platform.

Audit yang berhasil dari XLS-30d Ripple menandai komitmen bersama antara Ripple dan CertiK untuk meningkatkan keamanan dan keandalan ekosistem blockchain.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: