Kuasai Market Crypto, Bitcoin Dominance Melampaui 49%! Tertinggi dalam 2 Tahun?

Kuasai Market Crypto, Bitcoin Dominance Melampaui 49%! Tertinggi dalam 2 Tahun?

Bitcoin Dominance di pasar crypto telah mencapai titik tertinggi dalam dua tahun terakhir, melampaui 49% per 21 Oktober 2023 sejak April 2021. Apa yang sebenarnya sedang berlangsung dan apa pengaruhnya bagi para investor? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Mengendalikan Pasar Crypto

grafik bitcoin dominance
Sumber: Coingecko

Bitcoin (BTC) saat ini menguasai pasar crypto dengan persentase sebesar 49,58%, hampir tiga kali lipat dari penguasaan Ethereum (ETH), crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, yang berada di angka 16,7%.

Peningkatan penguasaan ini dimulai dari sekitar 38% di awal tahun, menunjukkan peningkatan signifikan dalam pangsa pasar Bitcoin. Peningkatan Bitcoin Dominance ini sebagian besar disebabkan oleh reli tahunan, dengan harga crypto ini naik 81% sejak awal 2023.

Beberapa faktor yang mungkin berkontribusi pada peningkatan ini cukup beragam. Pertama, kecemasan tentang inflasi, risiko geopolitik, dan polarisasi pemerintah AS telah mendorong investor untuk mencari aset safe-haven, meminimalkan paparan mereka terhadap risiko. Bitcoin, dengan karakteristik desentralisasi dan pasokan yang terbatas, muncul sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari stabilitas di tengah ketidakpastian.

Baca Juga: Morgan Stanley: “Saatnya Investasi, Musim Semi Crypto Segera Tiba!”

Potensi ETF Bitcoin dan Prediksi Harga

Selain itu, potensi persetujuan regulasi untuk Bitcoin exchange-traded fund (ETF) semakin memperkuat kepercayaan pada crypto ini. Persetujuan ETF Bitcoin akan memberikan investor mainstream akses yang mudah dan diatur untuk berinvestasi di Bitcoin, berpotensi menarik aliran modal yang signifikan ke pasar.

Matrixport, platform layanan keuangan crypto, memperkirakan bahwa jika ETF spot disetujui, harga Bitcoin bisa mencapai $42.000 yang mana setara dengan Rp670 juta (kurs $1 = Rp15.900). Jika kapitalisasi pasar Tether naik sebesar $24 miliar, yang berfungsi sebagai indikator untuk aliran potensial ETF, harga Bitcoin bisa naik menjadi $42.000, menurut perkiraan konservatif mereka.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Prediksi Harga Bitcoin (BTC) Mencapai $135.000! Siap Masuk Fase Bullish?

Bitcoin dan Pasar Altcoin

Sementara itu, pasar altcoin tampaknya masih berjuang. Sebagian besar altcoin masih tertinggal 80-90% dari puncak atau ATH mereka. Bitcoin Dominance telah mencapai level tertinggi di tahun 2023 minggu ini di 52,17%, menurut TradingView. Kapitalisasi pasar total tetap sekitar $1,1 triliun, yang berarti pangsa pasar ini diperoleh dengan mengorbankan altcoin.

Namun, prospek jangka pendek untuk Bitcoin beberapa crypti lainnya masih cukup suram, terutama untuk altcoin. Namun, Bitcoin tetap di atas level resistensi utama yang berubah menjadi support di $28.310 dan telah naik 11,47% dalam 1 minggu per 23 Oktober 2023.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: