Penggunaan Bitcoin di El Salvador Menurun Jadi 12%, Apa Penyebabnya?

author:

Penggunaan Bitcoin di El Salvador Menurun Jadi 12%, Apa Penyebabnya?

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas José Simeón Cañas di El Salvador mengungkap fakta mengejutkan. Hanya 12% penduduk El Salvador yang menggunakan Bitcoin untuk transaksi pembelian pada tahun 2023.

Survei ini melibatkan 1.280 responden yang diwawancarai langsung di rumah mereka.

Penggunaan Bitcoin Berkurang

Dibandingkan tahun sebelumnya, penggunaan Bitcoin di El Salvador mengalami penurunan. Pada tahun 2022, survei yang sama menunjukkan bahwa 24,4% penduduk setempat pernah menggunakan Bitcoin untuk berbelanja. Namun, tahun ini angkanya turun menjadi 12%.

Baca juga: Pertama di Dunia! El Salvador Luncurkan Obligasi Bitcoin Berbasis Vulkanik “Volcano Bonds”

Sebagian besar pengguna Bitcoin hanya melakukan transaksi satu hingga tiga kali (49,7%), sementara 20% di antaranya menggunakan Bitcoin lebih dari 10 kali. Meskipun terjadi penurunan, masih ada sebagian warga yang menggunakan Bitcoin untuk kebutuhan sehari-hari.

Pembelian utama dengan Bitcoin adalah untuk kebutuhan bahan makanan (22,9%) dan di supermarket (20,9%). Selain itu, klinik veteriner juga menjadi tempat penggunaan Bitcoin yang cukup signifikan (15%).

Persepsi Masyarakat Terhadap Bitcoin

adopsi bitcoin
Generated by AI

Meskipun Bitcoin telah menjadi alat pembayaran yang sah, hanya sedikit warga yang merasa kehidupan keluarganya membaik karena hal tersebut. Pada tahun 2022, hanya 3% responden yang merasa ada perbaikan, namun angka tersebut naik menjadi 6,8% di tahun 2023.

Namun, lebih dari sepertiga responden (34,3%) berpikir bahwa situasi ekonomi di El Salvador secara keseluruhan membaik pada tahun 2023, terutama karena penurunan tingkat kejahatan (24,3%). Hanya 0,5% warga El Salvador yang berpendapat bahwa Bitcoin berkontribusi terhadap perbaikan ekonomi.

Survei 45 halaman ini tidak mengandung pertanyaan tentang investasi pemerintah El Salvador dalam Bitcoin. Pada tahun 2023, sebanyak 77,1% responden menginginkan pemerintah untuk berhenti “menggunakan uang publik untuk Bitcoin”.

Baca juga: Warga El Salvador yang Memegang Crypto Kurang dari 2%

Investasi Pemerintah dalam Bitcoin

Pemerintah El Salvador telah melakukan investasi dalam Bitcoin, namun tidak semua warga mendukung langkah ini. Menurut “Nayib Bukele Portfolio Tracker”, keuntungan keseluruhan dari portofolio Bitcoin pemerintah berada di sekitar 0,57% pada saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa investasi tersebut belum memberikan hasil yang signifikan.

Meskipun demikian, pemerintah tampaknya masih berkomitmen pada strategi investasi crypto ini. Keputusan pemerintah untuk terus berinvestasi dalam Bitcoin telah menimbulkan berbagai reaksi di kalangan masyarakat.

Sebagian besar warga tampaknya lebih memilih agar dana publik tidak digunakan untuk investasi semacam ini.

Pada akhirnya, survei ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana Bitcoin telah diterima oleh masyarakat El Salvador. Meskipun ada penurunan penggunaan dan dukungan terhadap investasi pemerintah dalam Bitcoin, mata uang digital ini masih memiliki peran dalam kehidupan sebagian warga El Salvador.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: