Terungkap! Pertumbuhan Pengguna Crypto akan Tembus Satu Miliar di 2024

author:

Terungkap! Pertumbuhan Pengguna Crypto akan Tembus Satu Miliar di 2024

Di tengah tantangan yang dihadapi industri crypto sepanjang tahun 2023, para pakar tetap yakin akan ekspansi pasar ini. Analisis terkini menunjukkan bahwa kita bisa menyaksikan hampir satu miliar pengguna crypto pada tahun 2024.

Laporan dari analis Bitfinex dan data yang disajikan oleh Statista menggambarkan prospek yang menggembirakan untuk masa depan crypto. Simak lebih lanjut, yuk!

Lonjakan Pengguna Crypto yang Mengesankan

perkiraan pengguna crypto
Perkiraan jumlah total pengguna crypto di seluruh dunia. Sumber: Bitfinex

Berdasarkan data Bitfinex, jumlah pemilik crypto di seluruh dunia telah mencapai angka 575 juta pada tanggal 1 Desember 2023, meningkat signifikan dari 432 juta di awal tahun. Dengan tren ini, para analis dari Bitfinex memperkirakan bahwa jumlah pengguna dapat berkisar antara 850 hingga 950 juta pada tahun 2024, terutama jika pasar terus menunjukkan tren positif.

perkiraan pengguna crypto
Grafik lintasan pertumbuhan pengguna crypto dalam jutaan. Sumber: Statista

Sementara itu, Statista, platform statistik yang diakui, juga mengemukakan estimasi mereka sendiri tentang pertumbuhan pengguna crypto. Mereka memproyeksikan bahwa jumlah pengguna crypto dapat meningkat hingga sekitar 833 juta pada tahun 2024 dan diperkirakan akan mencapai sekitar 992 juta pada tahun 2028.

Baca juga: Bitcoin Goyang Dominasi Emas Sebagai Aset Pelindung Nilai

Angka-angka ini menandakan bahwa penerimaan crypto terus meluas secara global.

Potensi Peningkatan Kapitalisasi Pasar Crypto

Laporan Bitfinex Alpha menyatakan bahwa nilai kapitalisasi pasar crypto berpotensi melambung hingga $3,2 triliun pada tahun 2024. Peningkatan ini dihubungkan dengan minat yang tumbuh dari investor institusional serta kemungkinan disetujuinya ETF Bitcoin spot, yang bisa memicu aliran dana ke aset crypto yang lebih berisiko.

Indeks Crypto Fear and Greed, yang merupakan indikator sentimen pasar, diperkirakan akan mencapai tingkat “keserakahan ekstrem” pada tahun 2024, yang bisa berhubungan dengan pencapaian harga Bitcoin yang belum pernah terjadi sebelumnya selama periode pasar bullish.

Para analis juga menambahkan bahwa kondisi pasar saat ini dianggap stabil, yang memberikan peluang bagi Bitcoin untuk meningkat tanpa adanya tekanan jual yang besar dari para penambang.

Harapan Positif di Awal Tahun

Sebelumnya, analis dari Matrixport telah menyampaikan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot di awal Januari dapat mendorong harga Bitcoin hingga $50.000 di akhir bulan. Mereka juga mengingatkan tentang prediksi mereka sebelumnya yang menargetkan harga $45.000 di akhir tahun. Simak selengkapnya di Matrixport Prediksi Harga Bitcoin akan Tembus Rp900 Juta Sebelum Halving 2024!

Secara historis, harga Bitcoin seringkali mengalami lonjakan di periode antara Natal dan Tahun Baru, seperti yang terjadi pada tahun 2020 dengan kenaikan sebesar 22%.

Dengan pandangan yang optimis dan proyeksi yang menggembirakan, industri crypto tampaknya akan menyinari masa depan. Bagi kamu yang tertarik dengan pasar crypto, ini bisa menjadi kesempatan investasi yang menjanjikan untuk tahun-tahun yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: