Transaksi Bitcoin Senilai $3,1 Juta, Pengguna Bayar Biaya Transaksi Fantastis!

Transaksi Bitcoin Senilai $3,1 Juta, Pengguna Bayar Biaya Transaksi Fantastis!

Seorang pengguna Bitcoin baru-baru ini membayar biaya transaksi sebesar 83,7 Bitcoin (BTC), atau setara dengan $3,1 juta, hanya untuk mentransfer 139,42 BTC. Biaya transaksi ini menjadi yang kedelapan tertinggi dalam sejarah Bitcoin selama 14 tahun.

Transaksi Bitcoin yang Mengagetkan

transaksi bitcoin
Mempool

Pada 23 November, alamat dompet BTC bc1qn3d…wekrnl mencoba mentransfer 139,42 BTC ke alamat bc1qyf…km36t4, namun harus membayar lebih dari setengah nilai transaksi sebagai biaya transaksi. Alamat tujuan hanya menerima 55,77 BTC. Biaya penambangan yang sangat tinggi ini ditangkap oleh kolam penambangan Antpool pada blok 818087.

Pengguna media sosial menduga bahwa pengirim mungkin telah memilih biaya transaksi yang tinggi, namun kebijakan node replace-by-fee (RBF) dan ketidaktahuan pengirim juga tampaknya berperan.

Baca Juga: Supersiklus Bitcoin 2024: Akankah Ini Menjadi Siklus Terakhir?

RBF memungkinkan transaksi yang belum dikonfirmasi di mempool digantikan dengan transaksi lain yang membayar biaya transaksi lebih tinggi untuk mendapatkan persetujuan lebih awal. Mempool adalah tempat semua transaksi BTC antri sebelum disetujui dan ditambahkan ke blockchain Bitcoin.

Kasus Biaya Transaksi Tinggi Sebelumnya

Kasus Biaya Transaksi Tinggi Sebelumnya
Mempool

Ini bukan pertama kalinya pengguna Bitcoin secara tidak sengaja mengirim biaya transaksi yang sangat tinggi untuk satu transaksi Bitcoin. Pada September, platform pertukaran Bitcoin Paxos secara tidak sengaja mengirim biaya transaksi $500.000 untuk transfer BTC $2.000.

Dalam insiden itu, penambang F2Pool yang memverifikasi transaksi mengembalikan biaya transaksi $500.000 yang tidak sengaja kepada Paxos. Namun, ini adalah biaya transaksi Bitcoin terbesar yang pernah dibayar dalam dolar, menggeser transfer Paxos September sebesar $500.000 dari podium yang tidak menguntungkan.

Biaya terbesar dalam istilah Bitcoin dibayar pada 2016 ketika seseorang secara tidak sengaja mengirim 291 BTC sebagai biaya transaksi.

Paragraf Penutup

Antpool belum memberikan komentar tentang masalah ini dan belum merespons permintaan komentar dari Cointelegraph. Meskipun kasus biaya transaksi yang tidak sengaja ini memiliki kesamaan dengan kasus Paxos, kemungkinan Antpool akan mengembalikan dana akan bergantung pada kebijakan pembayaran mereka sendiri.

Baca Juga: Presiden Baru Argentina Siap Guncang Ekonomi dengan Tutup Bank Sentral & Adopsi Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi