Wow! Pengguna Aptos (APT) Melonjak 900% Setelah Berintegrasi dengan Chingari

author:

Wow! Pengguna Aptos (APT) Melonjak 900% Setelah Berintegrasi dengan Chingari

Baru-baru ini, blockchain Aptos (APT) telah mengalami lonjakan aktivitas setelah integrasinya dengan Chingari, sebuah platform media sosial India yang sebelumnya didukung oleh Solana. Menurut data on-chain, jumlah pengguna baru melonjak 900% dibandingkan bulan sebelumnya, hingga hampir 90.000 pengguna baru terdaftar setiap harinya di blockchain.

Migrasi Chingari ke Aptos

Chingari memulai migrasi ke Aptos (APT) pada Juli 2023, mencari pengalaman yang lebih baik untuk pengguna setelah gangguan jaringan Solana pada tahun 2022.

“Waktu jaringan Solana yang tidak aktif menimbulkan tantangan, memaksa kami untuk menjadwalkan banyak transaksi […] daripada membiarkan mereka instan, untuk mengurangi risiko transaksi yang gagal,” kata Sumit Ghosh, pendiri sekaligus CEO Chingari.

Menurut Ghosh, integrasi dengan Aptos telah memungkinkan fitur on-chain instan, seperti hadiah virtual, yang telah menyebabkan lonjakan pengguna baru dalam beberapa minggu terakhir. Integrasi ini juga memperkenalkan dompet baru Chingari, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan token melalui interaksi dan pembuatan konten di platform.

Aktivitas jaringan Aptos selama 30 hari terakhir – Sumber: Analisis Aptos

Baca juga: Sektor Pasar Crypto AI dan Big Data Meningkat Lebih dari 300% di Tahun 2023

Token yang diperoleh kemudian dapat digunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten, meningkatkan visibilitas konten, dan membeli hadiah virtual dan NFT. Selain peningkatan penggunaan, pertumbuhan Chingari juga bergantung pada ekonomi India yang berjumlah 1,4 miliar orang dan popularitas crypto yang booming di negara tersebut.

Pertumbuhan Aktivitas Jaringan Aptos

prediksi harga aptos 2023 38 persen

Sejak 14 Juli 2023, Chingari bertanggung jawab atas 80% dari semua pengguna aktif harian di blockchain Aptos dan 50% dari semua biaya gas yang dibayar di jaringan, naik lebih dari 500% dari bulan sebelumnya. Jumlah transaksi juga naik 150%, mencapai hampir 2 juta per hari.

Jika pertumbuhan ini berlanjut, perusahaan memperkirakan akan melampaui total seumur hidup StepN, aplikasi desentralisasi (DApp) terbesar kedua di Solana, dalam beberapa hari ke depan.

“Jika pertumbuhan ini berlanjut, kami memproyeksikan bahwa Chingari akan mencapai 1,25 juta pengguna pada akhir Juli, yang 10x lebih cepat daripada di Solana, lebih dari 20 juta pengguna on-chain pada akhir tahun pertama, dan total kumulatif lebih dari 200.000 APT dibayar sebagai biaya gas pada akhir tahun pertama,” perkiraan Ghosh.

Aptos bukan satu-satunya blockchain yang mendapatkan manfaat dari DApps yang mencari kinerja on-chain dan kegunaan yang lebih baik di seluruh jaringan. Penerbit game Mythical Games baru-baru ini pindah dari Ethereum ke ekosistem Polkadot, mengutip kecepatan transaksi Ethereum yang lambat dan biaya transaksi yang tinggi.

Baca juga: Aptos Siapkan Pembaruan Jaringan untuk Aktifkan Aset Fungible!

Pengaruh DApps pada Pertumbuhan Blockchain

Dengan pertumbuhan pengguna baru yang mencapai 900%, Aptos telah menunjukkan bagaimana DApps dapat mempengaruhi pertumbuhan dan adopsi blockchain. Integrasi dengan platform media sosial seperti Chingari tidak hanya membawa pengguna baru ke blockchain, tetapi juga membuka peluang baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan teknologi blockchain.

Peningkatan ini menunjukkan bagaimana blockchain dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi sehari-hari dan bagaimana ini dapat membantu mendorong adopsi blockchain. Dengan lebih banyak pengguna yang terlibat dengan blockchain melalui aplikasi seperti Chingari, ini dapat membantu mendorong pemahaman dan penerimaan teknologi blockchain.

Pertumbuhan Aptos juga menunjukkan bagaimana blockchain dapat memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi oleh platform lain. Dalam hal ini, Aptos telah memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi oleh Chingari dengan Solana, menunjukkan bagaimana blockchain dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: