Pengguna Aktif Harian Blockchain Base Melonjak Jadi 136.000 Pasca Peluncuran!

author:

Pengguna Aktif Harian Blockchain Base Melonjak Jadi 136.000 Pasca Peluncuran!

Coinbase Base, protokol layer-2 yang baru diluncurkan oleh Coinbase, telah mencatat lebih dari 136.000 pengguna aktif harian hanya beberapa hari setelah peluncuran mainnet. Lonjakan ini menunjukkan ketertarikan besar dari komunitas crypto terhadap inovasi terbaru dari Coinbase.

Pencapaian Impresif Base Pasca Peluncuran

Setelah peluncuran mainnet pada 9 Agustus 2023, Coinbase Base dengan cepat mencapai hampir 100.000 pengguna aktif harian. Namun, angka ini meningkat menjadi 136.047 pengguna aktif harian pada hari berikutnya.

pengguna aktif harian jaringan base
Pengguna aktif harian jaringan Base – Sumber: Dune

Selain itu, pada tanggal 9 Agustus 2023, Base mencatat 30.431 pengguna baru dan 41.993 pengguna baru pada hari berikutnya. Sebelum peluncuran publik, pada 31 Juli 2023, lebih dari 60.000 pengguna baru mencoba Coinbase Base.

Baca juga: Base Blockchain Tarik $68 Juta dalam Ethereum Jelang Peluncuran Resmi!

Lonjakan ini mungkin disebabkan oleh peluncuran aplikasi jaringan sosial baru, friend.tech, di jaringan Base. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam token pengguna lain atau influencer populer.

Fitur dan Kemungkinan Penyebab Lonjakan Base

Base telah tersedia bagi pengembang untuk dicoba selama beberapa waktu sebelum diluncurkan untuk publik pada pukul 12 siang. Dengan peluncuran ini, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas seperti membuat jembatan Ether-to-Base, berinteraksi dengan DEX, dan lainnya.

Salah satu fitur menarik dari Base adalah tidak adanya token asli. Namun, sejak pengumuman pada 23 Februari 2023, banyak trader yang bingung dan melakukan perdagangan token yang tidak terkait.

Kekacauan ini menyebabkan fluktuasi harga yang signifikan di berbagai token lain. Misalnya, token Protokol Base meningkat 160% sejak peluncuran publik mainnet Coinbase Base, tetapi kemudian turun lebih dari 35%.

Baca juga: CEO Coinbase dan Mantan CEO Twitter Diskusikan Bitcoin dan Integrasi Lightning Network

Potensi dan Tantangan ke Depan

Nilai Total Dasar Terkunci – Sumber: DefiLlama

Dengan lebih dari 100 aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang tersedia, Total Value Locked (TVL) dari jaringan Base saat ini berdiri di $72,83 juta. BaseSwap sendiri menyumbang hampir 50% dari TVL.

Meskipun ada kebingungan di pasar mengenai token yang tidak terkait, peluncuran Coinbase Base menunjukkan potensi besar untuk pertumbuhan dan adopsi lebih lanjut di komunitas crypto.

Namun, seperti semua inovasi baru, terdapat risiko dan tantangan yang harus dihadapi. Pengguna disarankan untuk melakukan due diligence sebelum mentransfer token ke proyek atau platform baru.

Pada akhirnya, Coinbase Base telah menunjukkan potensi besar sebagai protokol layer-2 yang menarik perhatian besar dari komunitas crypto. Meskipun ada beberapa kebingungan dan tantangan di awal, peluncuran ini menunjukkan langkah maju dalam evolusi ruang crypto dan bagaimana teknologi ini dapat membentuk masa depan transaksi digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: