Pengembang Ethereum Tunda Hard Fork Dencun: Apa Alasannya?

author:

Pengembang Ethereum Tunda Hard Fork Dencun: Apa Alasannya?

Pengembang klien Ethereum telah mengkonfirmasi bahwa upgrade Dencun yang sangat dinantikan tidak akan diterapkan dalam hard fork jaringan sebelum akhir 2023. Meskipun ada antisipasi besar mengenai upgrade ini, tampaknya ada beberapa alasan penting di balik keputusan untuk menundanya.

Penundaan Upgrade Dencun

ethereum upgrade dencun
Sumber: decrypt

Pada bulan lalu, ketika testnet Holešky baru diluncurkan terlambat dari jadwal, konsensus umum adalah bahwa melaksanakan upgrade sebelum liburan Desember tampaknya tidak mungkin.

Baca juga: Bitcoin dan Ethereum Bersiap untuk Melonjak, Apakah Kamu Sudah Siap?

Dalam panggilan “All Core Developers” hari ini, konsensus jelas bersama dengan pengembang Prysm yang bernama samaran Potuz, yang berkomentar, “tidak ada cara kami melakukan fork mainnet di 2023.”

Potuz menunjuk masalah konsensus yang konsisten yang muncul di 10 jaringan pengembang (devnets) yang telah diaktifkan sejauh ini untuk menguji upgrade selama beberapa bulan terakhir, dengan menambahkan bahwa “tidak satupun yang berjalan dengan baik.”

Klien Ethereum dan Upgrade Dencun

Klien Ethereum dibagi menjadi dua kelompok utama, satu untuk lapisan eksekusi dan yang lainnya untuk lapisan konsensus. Nama upgrade mencerminkan perbedaan ini, dengan tim konsensus menggunakan nama kota tempat konferensi utama Ethereum, Devcon, diadakan (mis. Cancun), sementara pengembang klien eksekusi memilih nama bintang (mis. Deneb) – oleh karena itu “Dencun.”

Berbeda dengan tim konsensus, tim klien lapisan eksekusi melaporkan bahwa mereka dalam kondisi baik untuk testnet mendatang.

Devnet 10 diluncurkan minggu ini, dengan rencana bagi klien eksekusi untuk beralih ke tes yang lebih besar di testnet Goerli. Namun, Potuz dari Prysm tidak setuju dengan ide tersebut.

Baca juga: Polygon Luncurkan Kontrak Token POL Baru di Mainnet Ethereum!

Upaya Kriptografi untuk Upgrade Dencun

Upgrade Dencun memerlukan sedikit kriptografi canggih untuk memastikan peningkatan skalabilitas Ethereum, yang dikenal sebagai Proto-Danksharding, tetap aman.

Sementara itu, upacara KZG melibatkan beberapa peserta, masing-masing menciptakan rahasia dan melakukan perhitungan untuk mencampurnya dengan kontribusi sebelumnya. Proses ini menghasilkan “structured reference string” (SRS), yang sangat penting untuk skema komitmen KZG dan integral untuk Proto-Danksharding.

Setelah berbulan-bulan meminta kontribusi, total 141.416 membuat semuanya hampir pasti. Carl Beekhuizen, yang mengkoordinasikan upacara untuk Ethereum Foundation, mengundang peserta untuk memverifikasi bahwa kontribusi mereka sebenarnya termasuk, dengan mengunjungi ceremony.ethereum.org.

Meskipun ada kekecewaan mengenai penundaan hard fork Dencun, langkah ini menunjukkan komitmen pengembang Ethereum untuk memastikan bahwa setiap upgrade dilakukan dengan hati-hati dan dengan pertimbangan penuh terhadap stabilitas dan keamanan jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: