Terkuak! Perlambatan Inflasi di AS, Apa Pengaruhnya pada Pasar Saham dan Crypto?

Terkuak! Perlambatan Inflasi di AS, Apa Pengaruhnya pada Pasar Saham dan Crypto?

Berita terkini dari Amerika Serikat sedang menjadi sorotan di pasar global. Inflasi inti PCE (Personal Consumption Expenditures) AS mengalami perlambatan menjadi 3,7% pada bulan September, menurun dari 3,9% pada bulan sebelumnya. Lantas, apa pengaruhnya terhadap pasar saham dan crypto? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perlambatan Inflasi di AS, Bagaimana Respon Pasar Saham dan Crypto?

Biro Analisis Ekonomi AS baru-baru ini merilis data inflasi PCE untuk bulan September. Inflasi tahunan PCE sesuai dengan perkiraan pasar yaitu 3,4%, setelah sebelumnya naik menjadi 3,5%. Meski begitu, inflasi inti PCE bulan ke bulan naik menjadi 0,4% dari perkiraan 0,3%, lebih tinggi dari 0,1% bulan sebelumnya.

Data inflasi PCE bulan September ini menunjukkan bahwa tekanan inflasi terus menurun secara bertahap, namun masih di atas target Fed yaitu 2%. Jerome Powell, Ketua Fed, menyatakan bahwa Fed bergerak dengan hati-hati dan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut akan bergantung pada data yang masuk.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Pengaruh Perlambatan Inflasi terhadap Pasar Saham dan Crypto

Futures saham AS mengalami kenaikan pada hari Jumat setelah pasar mengalami penjualan selama dua sesi berturut-turut. Harga minyak diperkirakan akan menurun seiring meredanya kekhawatiran tentang konflik di Timur Tengah.

Sementara itu, Indeks Dolar AS (DXY) tetap fluktuatif dan bergerak di sekitar 106,52. Bitcoin dan Ethereum diperkirakan akan terus mengalami kenaikan seiring dengan perlambatan inflasi PCE. Harga BTC kebanyakan bergerak stabil dalam volume perdagangan yang rendah. Harga terendah dan tertinggi dalam 24 jam adalah $33.762 dan $34.774.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Ungkap Bitcoin Sebagai Solusi Terhadap Hyperinflasi!

Proyeksi Pasar Menghadapi Perlambatan Inflasi

pasar crypto dan infalsi as
Sumber: Akun X Skew

Seorang trader populer, Skew, dalam postingan di X membagikan bahwa kenaikan Fed sebesar 25 bps diharapkan pada akhir tahun untuk meredam inflasi dan mengambil pendekatan dovish.

Sementara itu, harga ETH diperdagangkan di dekat level $1.800, dengan harga perdagangan di $1.795. Harga terendah dan tertinggi dalam 24 jam adalah $1.764 dan $1.865. Para trader tetap berhati-hati menjelang akhir bulan karena jatuh tempo pada hari Jumat memberikan tekanan.

Perlambatan inflasi di AS memberikan dampak positif bagi pasar saham dan crypto. Meski demikian, pasar tetap waspada terhadap potensi perubahan kebijakan moneter Fed dan dinamika pasar global lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: