Pengaruh Krisis Sektor Perbankan Terhadap Pasar NFT dan Antisipasi ETF Bitcoin

Pengaruh Krisis Sektor Perbankan Terhadap Pasar NFT dan Antisipasi ETF Bitcoin

Berita terkini dari dunia crypto telah menarik perhatian pelaku pasar finansial internasional. Di tengah krisis yang melanda sektor perbankan, banyak yang bertanya-tanya tentang efek yang akan ditimbulkannya pada pasar Non-Fungible Tokens (NFT) dan prospek persetujuan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin yang telah lama dinantikan.

Artikel ini akan membahas secara rinci situasi yang sedang berkembang dan potensi perubahan yang mungkin terjadi pada investasi crypto di masa yang akan datang. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Keputusan SEC yang Dinanti: ETF Bitcoin di Ambang Persetujuan?

Sektor crypto menantikan dengan penuh harap keputusan krusial dari Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat. Keputusan ini terkait dengan persetujuan ETF Bitcoin yang akan secara langsung memegang Bitcoin, sebuah langkah pertama bagi regulator di AS.

Dengan batas waktu yang ditetapkan pada 10 Januari untuk memberikan tanggapan terhadap proposal yang diajukan oleh Ark Invest dan 21Shares, pasar menanti dengan antisipasi tinggi. Pengajuan formulir 19b-4 oleh bursa efek yang akan melisting ETF merupakan salah satu tahapan penting dalam proses ini.

James Seyffart, seorang analis dari Bloomberg Intelligence, memprediksi bahwa SEC akan segera mengumumkan keputusannya, dengan kemungkinan adanya perubahan pada formulir 19b-4 yang bisa diumumkan pada hari Jumat. Perubahan tersebut mungkin mencakup informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penciptaan dan penebusan ETF yang diusulkan.

Baca juga: Bank of America Ungkap Potensi dan Risiko Besar AI dalam Perbankan

Strategi dan Persaingan di Antara Penyedia ETF

strategi dan persaingan etf
Sumber: Akun X Gary Gensler

BlackRock dan penyedia ETF lainnya telah mengumumkan biaya yang akan dikenakan kepada investor, sementara ARK Invest telah menjual saham COIN mereka. Dalam persaingan untuk menjadi yang pertama meluncurkan ETF Bitcoin, Grayscale masih mempertahankan produk dengan biaya tertinggi.

Di sisi lain, Bitwise berhasil menduduki posisi terdepan dalam daftar ETF Bitcoin dengan biaya yang lebih kompetitif, sementara Grayscale mengandalkan skala produknya. Grayscale telah melakukan beberapa perubahan pada dokumen S-1 dan S-3 yang mereka ajukan, menunjukkan bahwa mereka sedang mempersiapkan diri untuk menanggapi komentar dari SEC.

Model penciptaan dan penebusan tunai yang diadopsi oleh beberapa penyedia menandakan bahwa peserta yang berwenang akan melakukan pertukaran saham ETF dengan uang tunai, bukan dengan portofolio sekuritas yang merefleksikan aset yang dimiliki oleh ETF.

Kesimpulan

Dunia crypto mungkin akan mengalami transformasi signifikan dengan keputusan SEC yang akan datang. Persetujuan ETF Bitcoin bisa memberikan momentum baru bagi investor dan berpotensi mendorong penerimaan aset digital secara lebih luas. Sementara itu, komunitas crypto tetap waspada, menantikan bagaimana krisis perbankan saat ini akan berdampak pada pasar NFT dan arah masa depan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: