Revolusi Baru, Pengadilan Singapura Gunakan NFT untuk Lacak Hacker!

Revolusi Baru, Pengadilan Singapura Gunakan NFT untuk Lacak Hacker!

Pengadilan Singapura baru-baru ini membuat terobosan baru dalam dunia crypto. Dalam upaya melacak dana yang dicuri oleh hacker, pengadilan telah mengizinkan perusahaan investigasi keuangan, Intelligent Sanctuary (iSanctuary), untuk melampirkan token non-fungible (NFT) yang berisi dokumen hukum ke dompet crypto yang terkait dengan peretasan tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peran NFT dalam Melacak Dana yang Dicuri

Dilansir dari Cointelegraph, NFT ini berfungsi sebagai peringatan bagi pihak-pihak yang bertransaksi dengan dompet tersebut bahwa dompet ini telah terlibat dalam peretasan.

Meski tidak mencegah transaksi, NFT ini akan selalu melekat pada dompet dan memungkinkan iSanctuary untuk melacak dana yang keluar dari dompet tersebut.

iSanctuary sendiri merupakan perusahaan yang dipekerjakan oleh seorang pengusaha yang kehilangan aset crypto sebesar $3 juta dan berhasil melacak dana yang dicuri tersebut.

Baca Juga: Fenomena xNFT: Inovasi Dahsyat yang Bakal Guncang Industri NFT!

Peran Penting Mintable dan Reaksi Dunia Crypto

zach burks
Sumber: Akun X Zach Burks

Mintable, sebuah studio NFT asal Singapura, disebut-sebut sebagai produsen NFT ini. Hal ini juga secara tidak langsung dikonfirmasi oleh pendiri Mintable, Zach Burks, dalam sebuah postingan di X (sebelumnya Twitter).

Keputusan pengadilan ini telah menarik perhatian dunia crypto dan dianggap sebagai perubahan besar dalam cara penegakan hukum di dunia crypto. Jonathan Benton, pendiri iSanctuary, bahkan menyebut ini sebagai “game-changing”.

Keputusan pengadilan Singapura ini menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dan NFT dapat digunakan dalam penegakan hukum, khususnya dalam melacak dana yang dicuri oleh hacker. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam upaya memerangi kejahatan di dunia crypto dan bisa menjadi preseden bagi kasus serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: