Pengadilan Montenegro Tolak Banding Do Kwon Terkait Ekstradisi ke Korea Selatan

Pengadilan Montenegro Tolak Banding Do Kwon Terkait Ekstradisi ke Korea Selatan

Pengadilan di Montenegro telah menolak banding dari Do Kwon, salah satu pendiri Terraform Labs, yang dapat menghalangi ekstradisinya ke Korea Selatan.

Pengadilan Banding Montenegro mempertahankan keputusan pengadilan tinggi negara tersebut yang mengizinkan ekstradisi Kwon ke Korea Selatan, di mana ia memiliki kewarganegaraan. Kwon dapat menghadapi “beberapa pelanggaran pidana” jika ekstradisi dilanjutkan.

Latar Belakang Kasus Do Kwon

Do Kwon ditangkap di Montenegro pada Maret 2023 karena menggunakan dokumen perjalanan palsu. Sejak saat itu, ia tetap berada di negara tersebut karena Amerika Serikat dan Korea Selatan mengajukan permintaan ekstradisi yang bersaing untuk pendiri Terraform tersebut.

Baca Juga: EtherFi Mengumumkan Airdrop Besar-Besaran, Siapakah yang Beruntung?

Kasus pidana terhadap Kwon di AS, di mana ia menghadapi delapan tuduhan kejahatan, kemungkinan akan berlanjut meskipun ia tidak dapat hadir secara langsung.

Proses Hukum dan Implikasi Internasional

do kwon terra luna
Sumber: Fortune

Pengadilan Montenegro pada bulan Februari memutuskan Kwon diekstradisi ke AS, tetapi pengacaranya berhasil mengajukan banding atas keputusan tersebut pada bulan Maret, yang menyebabkan klaim Korea Selatan mengambil alih.

Kasus ini telah menarik perhatian internasional, dengan AS memiliki minat kuat dalam masalah ini karena dampak luas dari kehancuran Terraform Labs terhadap investor crypto Amerika dan juga telah berusaha untuk mengekstradisi Kwon.

Dampak Kehancuran Terraform Labs

Selama masa Kwon di Terraform Labs, perusahaan tersebut runtuh pada Mei 2022, sebagian karena penanganannya terhadap token yang sebelumnya disebut TerraUSD (UST) dan Luna (LUNA). Kehancuran platform tersebut kemungkinan berkontribusi pada penurunan pasar crypto pada tahun 2022, di mana beberapa perusahaan menyatakan kebangkrutan atau runtuh.

Langkah Hukum Selanjutnya

Belum jelas langkah hukum apa yang dapat dilakukan pengacara Kwon untuk melawan ekstradisi ke Korea Selatan. Pemerintah negara tersebut telah memberlakukan hukuman keras terhadap pelaku kejahatan yang terlibat dalam pelanggaran terkait crypto setelah runtuhnya Terra.

Baca Juga: Investigasi terhadap Ethereum Foundation oleh Otoritas Negara

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: