Pengadilan British Columbia Menegakkan Moratorium Mining Crypto!

Pengadilan British Columbia Menegakkan Moratorium Mining Crypto!

Pemerintah provinsi British Columbia, Kanada, telah berhasil memenangkan gugatan hukum terhadap perusahaan penambangan kripto Conifex Timber Inc. Pengadilan Tinggi British Columbia memutuskan bahwa moratorium 18 bulan yang diberlakukan oleh BC Hydro, perusahaan listrik milik pemerintah provinsi, terhadap proyek penambangan kripto adalah sah dan tidak diskriminatif. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pemicu Gugatan Conifex Timber Inc.

Conifex Timber Inc., sebuah perusahaan kehutanan yang merambah bisnis penambangan kripto, menggugat BC Hydro ke Pengadilan Tinggi British Columbia. Conifex menilai moratorium tersebut merugikan karena menghentikan negosiasi proyek penambangan kripto baru mereka di Salmon Valley dan Ashton Creek. Conifex mengklaim telah membayar $252.000 kepada BC Hydro untuk memajukan proyek-proyek tersebut dalam proses proposal.

Alasan Moratorium Penambangan Kripto

pemerintah as mining crypto
Sumber: Ashraq Al-Awsat

Pemerintah British Columbia memberlakukan moratorium penambangan kripto karena khawatir akan dampaknya terhadap pasokan listrik dan lingkungan. Laporan BC Hydro menunjukkan bahwa permintaan listrik dari operasi penambangan kripto akan menantang tujuan energi bersih dan elektrifikasi provinsi.

Penambangan kripto membutuhkan energi yang sangat besar, setara dengan kebutuhan listrik negara kecil. Moratorium diberlakukan untuk mencegah penggunaan listrik yang berlebihan oleh industri penambangan kripto, yang dapat mengakibatkan peningkatan biaya bagi pelanggan rumah tangga dan industri lainnya di British Columbia.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Menguat, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (7/2/24)?

Dampak Moratorium terhadap Conifex Timber Inc.

Conifex Timber Inc. menyatakan kekecewaannya atas putusan pengadilan dan mempertimbangkan untuk mengajukan banding. Perusahaan menilai moratorium tersebut telah menyebabkan kerugian dan kerusakan yang berkelanjutan.

Conifex berpendapat bahwa penambangan kripto merupakan bagian dari masa depan dan pemerintah provinsi kehilangan peluang untuk meningkatkan keterjangkauan energi, mempercepat inovasi teknologi, memperkuat keandalan dan ketahanan jaringan distribusi listrik, serta mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

Kesimpulan

Keputusan pengadilan ini menunjukkan komitmen pemerintah British Columbia untuk mengelola sumber daya listrik secara berkelanjutan dan memprioritaskan kebutuhan masyarakat luas. Sementara itu, Conifex Timber Inc. harus menghadapi tantangan untuk menemukan solusi alternatif dalam menjalankan bisnis penambangan kripto mereka.

Referensi