Segera Tiba, Otoritas Perbankan EU Dorong Penerbit Stablecoin untuk Patuhi Aturan MiCA!

author:

Segera Tiba, Otoritas Perbankan EU Dorong Penerbit Stablecoin untuk Patuhi Aturan MiCA!

The European Banking Authority (EBA) atau Otoritas Perbankan Eropa telah mendesak penerbit stablecoin untuk mulai mempersiapkan diri untuk aturan Uni Eropa yang baru, yaitu Peraturan Pasar dalam Aset Crypto (MiCA), meskipun aturan tersebut baru akan berlaku efektif pada Juni tahun depan.

MiCA: Kerangka Regulasi Baru untuk Aset Crypto

MiCA adalah kerangka regulasi aset digital yang komprehensif pertama yang mencakup bursa, aset, dan stablecoin di antara lainnya. Meski baru akan berlaku efektif pada Juni 2024, otoritas telah menyarankan pemain pasar untuk mulai mempersiapkan diri guna memastikan kepatuhan.

Dalam pernyataan baru yang dirilis hari ini oleh Otoritas Perbankan Eropa, lembaga tersebut mencantumkan “prinsip-prinsip panduan” bagi penerbit stablecoin yang beroperasi di 27 negara anggota dalam blok tersebut.

Baca juga: Crypto Makin Aman? Konsultasi MICA oleh Uni Eropa Akan Mulai Bulan Juli 2023!

Sebagai persiapan menuju MiCA, perusahaan harus mematuhi persyaratan pengungkapan penuh kepada pengguna dan otoritas serta mengadopsi kebijakan manajemen risiko dan model bisnis standar MiCA. Pernyataan tersebut juga mencakup template keuangan yang disarankan perusahaan untuk diikuti dalam hal komunikasi, cadangan, pemulihan, dan pengaturan penebusan.

Penerapan Aturan MiCA oleh Penerbit Stablecoin

mica 2 crypto
Sumber: aibcworld

Menurut pernyataan tersebut, aturan-aturan tersebut untuk saat ini tidak mengikat tetapi “mendorong tindakan persiapan tepat waktu” untuk melindungi investor sebelum hukum berlaku efektif.

Konsumen juga tidak mendapatkan manfaat dari hak dan perlindungan yang ditetapkan oleh MiCA antara sekarang dan 30 Juni 2024.

“Konsumen diingatkan bahwa sebelum 30 Juni 2024 (tanggal penerapan MiCAR), ART dan EMT tidak merupakan instrumen yang diatur di bawah MiCAR dan jadi konsumen belum mendapatkan manfaat dari hak dan perlindungan yang ditetapkan dalam MiCAR.”

Oleh karenanya, Otoritas Perbankan Eropa (EBA) telah mendesak penerbit stablecoin untuk mempersiapkan diri untuk peraturan MiCA yang akan datang. EBA ingin mendorong “tindakan persiapan tepat waktu” menjelang tanggal mulai tersebut, untuk melindungi konsumen dan mengurangi dampak bagi perusahaan pada 30 Juni.

Baca juga: Transaksi Stablecoin MiCA Dirasa Menghambat Adopsi Crypto, Begini Kata Pengacara!

ESMA Mengeluarkan Regulasi Crypto Pertama

Sementara itu, Otoritas Pasar Sekuritas Eropa (ESMA), mitra EBA untuk pasar sekuritas, juga mengeluarkan serangkaian proposal pertamanya sejak diberi kekuatan di bawah MiCA.

Proposal baru yang dirilis kemarin berlaku untuk perusahaan yang dikategorikan di bawah Penyedia Layanan Aset Crypto (CASPs), istilah yang mencakup perusahaan perdagangan, bursa, broker, penerbit, dll.

Proposal tersebut akan mencakup konsultasi perusahaan di bawah CASPs karena mereka harus memberikan umpan balik kepada badan tersebut tentang masalah yang berkaitan dengan “otorisasi, identifikasi, dan manajemen konflik kepentingan.” Perusahaan diharapkan memberi tahu badan tersebut sebelum dimulai dan juga setelah perubahan berikutnya dalam strukturnya.

Dengan mendesak penerbit stablecoin untuk mempersiapkan diri untuk aturan MiCA yang akan datang, Otoritas Perbankan Eropa telah menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan teratur untuk aset crypto.

Meskipun aturan tersebut baru akan berlaku efektif pada Juni tahun depan, langkah ini menunjukkan pentingnya persiapan dan kepatuhan dalam menjaga keberlanjutan dan pertumbuhan industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: