Pendidikan Masa Depan: Sistem Pendidikan Cerdas Berbasis Blockchain, DAO, NFT, dan AI!

Pendidikan Masa Depan: Sistem Pendidikan Cerdas Berbasis Blockchain, DAO, NFT, dan AI!

Mehmet Fırat, peneliti dari Universitas Anadolu di Turki, baru-baru ini merilis penelitian yang membayangkan solusi multi-teknologi untuk tantangan yang dihadapi sistem pendidikan tradisional.

Ia memperkenalkan konsep “Smart Open Education Ecosystem” (SOEE), sebuah sistem pendidikan yang menggabungkan teknologi blockchain, DAO, NFT, analitik pembelajaran multimodal, dan kecerdasan buatan (AI). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Smart Open Education Ecosystem (SOEE)

smart open education system
Sistem pembelajaran yang saling terhubung. Sumber: Fırat

Dilansir dari Cointelegraph, SOEE adalah solusi multi-teknologi yang dirancang untuk mengatasi tantangan dalam sistem pendidikan tradisional.

Sistem ini menggabungkan blockchain, DAO, NFT, analitik pembelajaran multimodal, dan AI untuk membentuk ekosistem pendidikan yang mandiri.

Menurut penelitian Fırat, penggabungan teknologi-teknologi ini akan menghasilkan 12 keuntungan utama dibandingkan sistem pendidikan tradisional.

Baca Juga: Revolusioner! Open Campus Kucurkan Dana untuk Pendidikan Web3 Senilai Rp149 Miliar

Pendidikan Terbuka Berbasis Blockchain

Fırat mengusulkan sistem pendidikan terbuka yang berjalan pada blockchain yang menggunakan sistem AI generatif seperti ChatGPT atau sejenisnya untuk berinteraksi dengan siswa dan mempersonalisasi pengalaman belajar.

Pelajaran, sumber belajar, dan kredensial akan dibuat sebagai NFT, dan seluruh proses akan dikelola oleh DAO.

Tujuan utama pendidikan terbuka bukan hanya untuk mendemokratisasi pembelajaran dan membuat pendidikan dapat diakses, tetapi juga untuk menyediakan pengalaman belajar yang dipersonalisasi untuk semua orang.

Baca Juga: Universitas Nicosia Buka Pintu ke Metaverse, Program Master Baru untuk Era Digital!

Apa Manfaat Utama SOEE?

manfaat utama soee
Sumber: Analytics Insights

Menurut Fırat, ada 12 manfaat utama dari SOEE. Kira-kira apa saja manfaat tersebut?

Manfaat ini meliputi aksesibilitas, personalisasi, kualitas pendidikan, keamanan dan transparansi, tata kelola demokratis, hak kekayaan intelektual dan nilai konten, kerja sama dan integrasi global, kesetaraan dan kesempatan yang sama, penggunaan kembali sumber daya pendidikan, pelestarian dan promosi keragaman budaya dan linguistik, inovasi dan pembelajaran eksperimental dalam pendidikan, dan dukungan untuk keberhasilan siswa dan perencanaan karir.

Sebagai kesimpulan, Mehmet Fırat, peneliti dari Universitas Anadolu di Turki, telah merilis penelitian yang membayangkan solusi multi-teknologi untuk tantangan yang dihadapi sistem pendidikan tradisional. Dengan menggabungkan teknologi blockchain, DAO, NFT, dan AI, Fırat memperkenalkan konsep “Smart Open Education Ecosystem” (SOEE), sebuah sistem pendidikan yang menjanjikan untuk merevolusi cara kita belajar dan mengajar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: