Pendiri Tether (USDT) Skeptis Tentang Stablecoin PayPal (PYUSD), Kenapa?

author:

Pendiri Tether (USDT) Skeptis Tentang Stablecoin PayPal (PYUSD), Kenapa?

Sebagai salah satu perusahaan pembayaran terbesar di dunia, PayPal kini memasuki arena stablecoin dengan PYUSD. Namun, pendiri Tether, William Quigley, memiliki pandangan skeptis tentang kemampuan PayPal untuk mengguncang dunia stablecoin.

Motivasi PayPal: Inovasi atau Penghematan Biaya?

stablecoin paypal

Quigley, yang juga merupakan investor awal di PayPal, berpendapat bahwa motivasi utama PayPal adalah untuk mengurangi biaya, terutama dalam menangani transaksi multi-mata uang yang bernilai triliunan dolar.

Baca juga: Tether Mendominasi Pasar Treasury AS dengan Eksposur $72 Miliar, Apa Dampaknya?

Meskipun PayPal memiliki potensi untuk mengurangi biaya dengan stablecoin mereka, Quigley skeptis tentang potensi inovasi PYUSD. Ia percaya bahwa PayPal mungkin melihat inisiatif ini terutama sebagai cara untuk mengurangi biaya.

Dengan lebih dari 435 juta pemegang akun aktif pada tahun 2023, PayPal memiliki potensi untuk menjadi kekuatan besar di ruang stablecoin dengan PYUSD.

Mekanisme Pembuatan Stablecoin

Quigley menjelaskan proses rumit pembuatan stablecoin, yang memerlukan PayPal untuk memperoleh keranjang mata uang yang berbeda. Mata uang ini, termasuk yen, euro, rupee, dan won, disimpan di berbagai bank di seluruh dunia.

Setelah aset-aset ini ditokenkan oleh PayPal, mereka membentuk dasar pasokan uang multi-mata uang pribadi yang beroperasi secara independen dari sistem perbankan global.

Salah satu keuntungan utama dari jaringan stablecoin PayPal, seperti yang dijelaskan oleh Quigley, adalah penghapusan perantara keuangan dalam transaksi lintas batas.

Masa Depan PayPal di Dunia Stablecoin

Quigley mengidentifikasi dua cara potensial bagi PayPal untuk memanfaatkan jaringan stablecoin mereka. Salah satunya adalah terus mengenakan biaya konversi mata uang kepada konsumen dan pedagang.

Baca juga: Perluas Layanan Web3nya, PayPal Integrasikan Pembayaran On dan Off Ramps

Alternatif lainnya adalah bagi PayPal untuk menghilangkan biaya konversi mata uang sepenuhnya, sehingga mengurangi biaya transaksi lintas batas secara keseluruhan bagi penggunanya.

Dengan potensi besar yang dimiliki oleh PayPal, keputusan mereka akan menentukan peran PayPal dalam ekosistem stablecoin yang terus berkembang.

Walaupun PayPal memiliki ambisi besar di dunia stablecoin, pandangan dari veteran industri seperti William Quigley memberikan perspektif yang berharga. Saat fintech dan teknologi blockchain bertemu, tindakan dari veteran industri dan raksasa keuangan seperti PayPal akan terus membentuk masa depan keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: