Pendiri Solana Ajak Komunitas Hindari Persaingan dengan Ethereum dan Fokus pada Kolaborasi

author:

Pendiri Solana Ajak Komunitas Hindari Persaingan dengan Ethereum dan Fokus pada Kolaborasi

Seiring dengan berita bahwa MakerDAO mungkin mempertimbangkan teknologi Solana untuk blockchain khususnya, pendiri Solana, Anatoly Yakovenko, telah mengajak komunitas untuk melihat ini sebagai kemenangan bagi komunitas open-source, bukan sebagai tanda persaingan dengan Ethereum.

Rencana MakerDAO dan Respon Yakovenko

Rune Christensen, salah satu pendiri MakerDAO, mengusulkan pengembangan “NewChain” dengan menggunakan fork dari kode dasar Solana. Ini menandai perubahan potensial bagi MakerDAO yang selama ini erat kaitannya dengan Ethereum.

Baca juga: MakerDAO Mengusulkan Rantai Asli Baru Berdasarkan Fork Solana (SOL), Ini Alasannya!

pendiri solana berikan tanggapan atas rencana makerdao
Sumber: Twitter

Yakovenko, dalam tweetnya, menekankan bahwa langkah ini harus dilihat sebagai kemenangan bagi komunitas open-source. Dia juga mengingatkan pendukung Solana untuk tidak menggunakan pertimbangan teknologi ini sebagai senjata melawan Ethereum.

Dia menambahkan,

“Ethereum adalah luar biasa. Solana tidak dibangun dalam vakum, dan banyak hal yang membuat Solana istimewa dibangun berdasarkan penelitian dan pengembangan Ethereum.”

Mendorong Kolaborasi Bukan Persaingan

anatoly yakevenko pendiri solana
Anatoly Yakovenko – Sumber: Fortune

Meskipun ada narasi yang menunjukkan persaingan antara Solana dan Ethereum, kedua pemimpin proyek ini tampaknya lebih tertarik pada kemajuan teknologi bersama.

Christensen juga menekankan bahwa di masa depan, “NewChain” akan berfungsi sebagai jembatan antara Ethereum dan Solana, yang akan meningkatkan efek jaringan ekonomi multichain.

Lebih lanjut, Yakovenko mengakui kontribusi Ethereum dalam ruang blockchain, menunjukkan bahwa persaingan yang sehat harus didasarkan pada saling menghargai dan kolaborasi.

Baca juga: Vitalik Buterin Menjual 500 Token MKR Miliknya, Ada Apa?

Implikasi untuk Ekosistem Crypto

Pengumuman tentang rencana transisi MakerDAO ke Solana telah menimbulkan berbagai reaksi di komunitas crypto.

Beberapa melihat langkah ini sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan teknis proyek, sementara yang lain khawatir tentang dampak potensial pada hubungan MakerDAO dengan Ethereum dalam jangka panjang. Namun, dengan pemimpin industri yang menyerukan kolaborasi dan pengakuan, mungkin ada harapan untuk pendekatan yang lebih inklusif dan kolaboratif di masa depan.

Sebagai industri yang masih muda dan berkembang, dunia crypto akan terus menghadapi tantangan dan peluang. Namun, dengan pemimpin seperti Yakovenko yang menyerukan kolaborasi dan pengakuan, masa depan industri ini tampak cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: