Heboh! Pendiri Axie Infinity Kehilangan Hampir $10 Juta Akibat Peretasan Dompet

author:

Heboh! Pendiri Axie Infinity Kehilangan Hampir $10 Juta Akibat Peretasan Dompet

Dalam sebuah insiden yang mengguncang komunitas crypto, Jeff “Jihoz” Zirlin, salah satu pendiri dari game blockchain populer Axie Infinity dan jaringan Ronin, mengalami kerugian hampir $10 juta akibat peretasan dua dompet crypto pribadinya.

Peretasan ini, yang pertama kali terdeteksi oleh firma keamanan blockchain PeckShield, melibatkan transfer tidak sah sekitar 3.248 ETH, yang saat ini bernilai sekitar $9,6 juta, dari dompet Ronin Bridge milik Zirlin.

Peretasan yang Menargetkan Dompet Pribadi

pendiri axie infinity diretas
Sumber: X

Dalam serangkaian tweet, Zirlin mengonfirmasi peretasan tersebut namun menegaskan bahwa operasi jaringan Ronin tidak terpengaruh.

Baca juga: Skandal Besar di Dunia Crypto: Akun X MicroStrategy Diretas, $440.000 Raib!

Aleksander Larsen, pendiri lain dari jaringan Ronin, menyatakan bahwa serangan tersebut tampaknya menargetkan dompet pribadi Zirlin daripada Ronin Bridge itu sendiri, yang telah menjalani audit keamanan.

Peretasan dompet ini terjadi dua tahun setelah jembatan jaringan Ronin diretas dan kehilangan lebih dari $625 juta dalam crypto. Peretasan tersebut dikaitkan dengan grup Lazarus yang terkait dengan Korea Utara.

Penyelidikan dan Tindakan Pencegahan

Sumber: X

PeckShield, dalam penyelidikannya terhadap dompet yang dikompromikan dari Ronin Bridge v2, menunjukkan bahwa rampasan 3.248 ETH awalnya dibagi dan dipindahkan ke tiga dompet yang berbeda.

Dana tersebut akhirnya masuk ke Tornado Cash, layanan yang sering digunakan oleh peretas untuk menyamarkan kepemilikan dan jejak dana.

Meskipun tidak ada detail khusus yang dibagikan tentang peristiwa yang mengarah ke peretasan, pesan Zirlin menyarankan bahwa kunci pribadi dari dua dompet tersebut bocor, yang mengarah pada akses tidak sah ke dompet crypto pribadinya.

Baca juga: Ronin Network: Kekuatan di Balik Ledakan Axie Infinity!

Dampak pada Industri Crypto dan Pelajaran yang Dipetik

Insiden ini menyoroti pentingnya keamanan crypto dan risiko yang terkait dengan penyimpanan aset digital. Ini juga mengingatkan komunitas crypto tentang pentingnya mengadopsi praktik keamanan terbaik dan memastikan bahwa langkah-langkah keamanan yang ketat diterapkan, baik untuk aset perusahaan maupun pribadi.

Dalam dunia crypto yang terus berkembang, insiden seperti ini menekankan pentingnya kesadaran dan pendidikan tentang keamanan crypto. Ini juga menunjukkan bahwa bahkan para pemain besar di industri ini tidak kebal dari serangan siber, menegaskan perlunya kewaspadaan yang berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: