Pendapatan Produsen ASIC Bitcoin Canaan Stagnan Meski Kripto Menguat!

Array

Pendapatan Produsen ASIC Bitcoin Canaan Stagnan Meski Kripto Menguat!

Perusahaan semikonduktor Canaan Creative Inc. yang berbasis di Hangzhou, Tiongkok, melaporkan pendapatan kuartal keempat tahun 2023 yang mengecewakan meskipun pasar kripto sedang mengalami kenaikan.

Canaan, yang memproduksi sirkuit terpadu khusus aplikasi (ASIC) dan server untuk penambangan Bitcoin, membukukan pendapatan sebesar $49 juta, turun 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, kerugian bersih perusahaan melebar menjadi $139 juta dari $91,6 juta pada kuartal keempat tahun 2022. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendapatan Turun Meski Permintaan Meningkat

Meskipun terjadi peningkatan jumlah daya komputasi yang terjual dan pemulihan harga Bitcoin (BTC), Canaan mengatakan bahwa ASIC-nya dijual dengan harga lebih rendah dibandingkan pasar tahun lalu.

Perusahaan juga memperkirakan kondisi pasar yang lebih sulit ke depannya. Untuk kuartal pertama tahun 2024 dan kuartal kedua tahun 2024, perusahaan memperkirakan total pendapatan masing-masing sekitar $33 juta dan $70 juta, mengingat kondisi pasar yang menantang di seluruh industri. Selama kuartal tersebut, perusahaan mengakui penurunan nilai persediaan non-tunai sebesar $55 juta karena tekanan harga.

Baca Juga: Hut 8 Membangun Situs Penambangan Kripto 63MW di Texas!

Tantangan Industri Pertambangan Bitcoin

mining race
Generated by AI

Kenaikan harga Bitcoin baru-baru ini, dengan pengembalian 144,4% selama setahun terakhir, tidak serta-merta mengangkat industri pertambangan Bitcoin. Seiring dengan kenaikan harga, tingkat kesulitan penambangan BTC juga meningkat dua kali lipat menjadi 81,73 triliun selama periode yang sama.

Ditambah dengan harga listrik yang terus tinggi dan peristiwa halving Bitcoin berikutnya pada bulan April, di mana hadiah penambangan akan berkurang hingga 50%, industri pertambangan Bitcoin kemungkinan akan menghadapi tantangan baru meskipun harga koin kembali ke level tertinggi sepanjang masa.

Baca Juga: CEO Galaxy Digital Mike Novogratz Mengungkapkan ETF akan Mengubah Permainan Bitcoin!

Ancaman Halving Bitcoin

Analis di Galaxy Research memperkirakan bahwa 20% dari hash rate penambang Bitcoin dapat offline setelah halving karena kurangnya profitabilitas.

“Mengingat betapa sensitifnya titik impas untuk berbagai model ASIC terhadap harga Bitcoin dan biaya transaksi sebagai persentase hadiah, kami memperkirakan bahwa antara 15 – 20% dari hash rate jaringan yang berasal dari model ASIC dapat offline,” tulis analis di Galaxy Research.

Kesimpulan

Perusahaan semikonduktor Canaan Creative Inc. yang berbasis di Hangzhou, Tiongkok, melaporkan pendapatan kuartal keempat tahun 2023 yang mengecewakan meskipun pasar kripto sedang mengalami kenaikan.

Canaan, yang memproduksi sirkuit terpadu khusus aplikasi (ASIC) dan server untuk penambangan Bitcoin, membukukan pendapatan sebesar $49 juta, turun 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, kerugian bersih perusahaan melebar menjadi $139 juta dari $91,6 juta pada kuartal keempat tahun 2022.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array