Pendapatan Mining Bitcoin Capai Puncak $107 Juta di Hari Halving BTC

Pendapatan Mining Bitcoin Capai Puncak $107 Juta di Hari Halving BTC

Jakarta, Pintu News – Pendapatan yang diperoleh dari penambangan Bitcoin (BTC) melampaui angka $100 juta untuk pertama kalinya, mencatat pendapatan harian tertinggi sepanjang masa pada hari halving Bitcoin, 2024.

Pada tanggal 20 April, penambang Bitcoin memperoleh total $107,7 juta dalam bentuk hadiah penambangan dan biaya transaksi karena anggota komunitas rela membayar biaya selangit agar transaksi mereka tercatat di blok Bitcoin ke-840.000. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendapatan Penambangan Bitcoin Capai Puncak Baru

pendapatan mining bitcoin
Nilai total dalam dolar AS dari upah blok dan biaya transaksi yang dibayarkan kepada penambang. Sumber: blockchain.com

Para investor yang ingin menjadi bagian dari sejarah Bitcoin menghabiskan 37,7 BTC (senilai $2,4 juta) hanya untuk biaya untuk mendapatkan bagian mereka dari ruang terbatas di blok Bitcoin, yang memicu peristiwa halving keempat. Blok tersebut mencakup 3.050 transaksi, yang berarti rata-rata pengguna membayar sedikit di bawah $800.

Biaya yang memecahkan rekor ini disebabkan oleh perlombaan untuk menuliskan dan mengukir satoshi langka di blok halving. Sebagian besar aktivitas tersebut berasal dari hiruk-pikuk aktivitas pada Protokol Rune baru dari pencipta Bitcoin Ordinals, Casey Rodarmor, yang ditayangkan bersamaan dengan halving.

Baca Juga: Robert F. Kennedy Jr. Ingin Letakkan Seluruh Anggaran AS di Blockchain!

Biaya Transaksi Bitcoin Melonjak

biaya transaksi bitcoin
Para pengguna menghabiskan biaya sebesar $2,4 juta untuk menorehkan rune dan satoshi langka di halving block pertama. Sumber: Mempool.space

Rekor pendapatan sebelumnya untuk penambang Bitcoin adalah $78,7 juta pada tanggal 11 Maret, ketika harga Bitcoin mencapai titik tertinggi baru di $71.415. Namun, lonjakan pendapatan tersebut berkorelasi langsung dengan harga pasar Bitcoin karena penambang diberi hadiah dalam bentuk BTC sebagai imbalan atas konfirmasi transaksi melalui blockchain.

Peristiwa halving Bitcoin pada tanggal 20 April memangkas hadiah penambangan menjadi setengahnya untuk keempat kalinya, menguranginya menjadi 3,125 BTC untuk setiap blok yang ditambang hingga halving berikutnya menguranginya lebih jauh.

Baca Juga: Smolecoin, Memecoin Solana Kreasi Dekandente yang Hebohkan Komunitas Crypto

Biaya Transaksi Bitcoin Turun Pasca Halving

Dengan menurunnya hype seputar halving Bitcoin, biaya rata-rata yang dibayarkan pada Bitcoin telah turun tajam hanya sehari setelah mencapai rekor rata-rata $128 pada tanggal 20 April. Pada tanggal 21 April, biaya transaksi Bitcoin telah turun ke rata-rata $8-$10 untuk transaksi dengan prioritas sedang, menurut mempool.space.

Kesimpulan

Halving Bitcoin keempat telah terjadi, menandai tonggak sejarah penting dalam perjalanan mata uang kripto terbesar di dunia. Meskipun pendapatan penambangan Bitcoin mencapai puncaknya pada hari halving, biaya transaksi Bitcoin telah turun tajam setelahnya. Hal ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin sedang dalam fase konsolidasi setelah mengalami kenaikan harga yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi