Pendapatan Penambang Bitcoin Pecah Rekor $2 Miliar: Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

author:

Pendapatan Penambang Bitcoin Pecah Rekor $2 Miliar: Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah peristiwa yang menandai sejarah, penambang Bitcoin baru-baru ini mencatatkan pendapatan bulanan tertinggi, mencapai angka fantastis $2 miliar.

Lonjakan pendapatan ini terjadi menjelang peristiwa halving Bitcoin yang sangat dinanti, menimbulkan pertanyaan besar tentang masa depan penambangan Bitcoin dan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam industri ini.

Lonjakan Pendapatan: Sebuah Rekor Baru

Pada Maret 2024, industri penambangan Bitcoin mengalami pertumbuhan yang luar biasa seiring dengan lonjakan harga cryptocurrency ke rekor tertinggi baru, mendorong profitabilitas penambangan ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Saham Perusahaan Mining Bitcoin Ini Melonjak Jelang Halving, Apa Rahasianya?

Sumber: The Block

Menurut data terbaru, penambang Bitcoin berhasil menghasilkan pendapatan sebesar $2,01 miliar dari hadiah blok dan biaya transfer, mencatatkan tonggak sejarah baru dalam jaringan Bitcoin.

Dari total pendapatan yang diperoleh, sekitar $85,81 juta berasal dari biaya transaksi yang terkumpul selama bulan tersebut.

Peningkatan pendapatan ini merupakan pendapatan tertinggi yang pernah dicatatkan oleh penambang sejak awal jaringan, melampaui puncak sebelumnya yang tercatat pada Mei 2021 dengan pendapatan sebesar $1,74 miliar.

Tantangan Halving Bitcoin Mendatang

Meskipun perkembangan ini positif, peristiwa halving Bitcoin yang akan datang pada 16 April 2024 menjadi tantangan potensial bagi penambang. Halving akan mengurangi hadiah blok dari 6,25 menjadi 3,125 Bitcoin, menimbulkan kekhawatiran tentang profitabilitas di masa depan.

Analis memperingatkan bahwa kecuali diimbangi oleh kenaikan harga Bitcoin yang signifikan atau penurunan besar-besaran dalam hashrate jaringan, halving dapat menyebabkan penurunan profitabilitas penambangan pada bulan April.

Namun, pendapatan rata-rata harian per exahash untuk penambang mencapai $100.400 pada bulan Maret, menunjukkan peningkatan sekuensial sebesar 33% dan menyoroti dampak apresiasi harga Bitcoin terhadap profitabilitas.

Baca juga: Gerakan Ambisius: Nexo dan Raksasa Crypto Bersatu Demi Emoji Bitcoin!

Pertumbuhan Hashrate dan Potensi Masa Depan

Selama bulan Maret, hashrate mencapai 600 EH/s, menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 80%.

Penambang berhasil menambang 4.412 blok selama bulan tersebut, dengan Foundry USA memimpin dengan kontribusi 1.312 blok, atau sekitar 29,74% dari total jaringan.

Namun, di tengah perkembangan positif ini, halving Bitcoin yang akan datang tetap menjadi fokus utama. Meskipun ada kekhawatiran tentang profitabilitas di masa depan, lonjakan pendapatan baru-baru ini menunjukkan ketahanan dan potensi industri penambangan Bitcoin untuk terus berkembang.

Secara keseluruhan, dalam dunia crypto yang terus berubah, penambang Bitcoin telah menunjukkan kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dan berkembang.

Meskipun tantangan halving mendatang, industri ini tetap optimis tentang masa depan penambangan Bitcoin dan potensi pertumbuhan lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: VOI