Pendapatan MakerDao dan Pasokan Stablecoin DAI Meningkat Hampir $1 Miliar, Ada Apa?

author:

Pendapatan MakerDao dan Pasokan Stablecoin DAI Meningkat Hampir $1 Miliar, Ada Apa?

Dalam seminggu terakhir, MakerDAO, salah satu platform stablecoin terkemuka, mengalami peningkatan signifikan dalam pasokan DAI-nya. Dengan pendapatan tahunan yang mencapai titik tertinggi dalam dua tahun, apa yang sebenarnya terjadi?

Peningkatan Pasokan DAI dan Dampaknya

stablecoin dai
Sumber: Bitcoin News

Pasokan stablecoin DAI telah meningkat hampir $1 miliar dalam tujuh hari terakhir, mencapai $5,33 miliar dari $4,45 miliar yang tercatat pada 6 Agustus 2023. Peningkatan ini terjadi setelah MakerDAO meningkatkan tingkat bunga untuk menarik lebih banyak pengguna.

Baca juga: MakerDao Kurangi Eksposur USDC, Begini Nasib DAI Sekarang

Pada 6 Agustus 2023, pendiri MakerDAO, Rune Christensen, mengungkapkan bahwa tingkat bunga DAI meningkat menjadi 8% untuk menarik lebih banyak pemegang menggunakan mekanisme DSR (DAI Savings Rate) tanpa risiko tambahan.

Sebagai hasilnya, jumlah stablecoin desentralisasi dalam kontrak DSR meningkat menjadi 1,27 miliar dari 339,4 juta yang tercatat pada 6 Agustus 2023.

Pendapatan MakerDAO Mencapai Puncak

Selain peningkatan pasokan, pendapatan tahunan dari protokol juga mencapai titik tertinggi dalam dua tahun, yaitu $165,4 juta. Ini menunjukkan bahwa Maker saat ini menghasilkan sekitar $165 juta per tahun dari biaya.

Penyebab utama lonjakan ini adalah keputusan komunitas MakerDAO untuk meningkatkan hasil tahunan dari 3,19% menjadi 8% pada 6 Agustus. Kontrak DSR Maker memungkinkan pemegang DAI mendapatkan pendapatan dari pendapatan protokol dengan menyetor DAI.

dai dalam kontrak dsr
DAI dalam Kontrak DSR – Sumber: Makerburn

Kenaikan dalam yield jangka pendek U.S. Treasury juga memainkan peran penting dalam meningkatkan pendapatan protokol, terutama karena eksposur besar MakerDAO terhadap obligasi pemerintah AS.

Baca juga: Maker (MKR) Menuju $1.000? Inilah Alasan Mengapa Hal Ini Mungkin Terjadi!

Reaksi Pasar dan Dampak Terhadap Token MKR

Meskipun adopsi DAI meningkat, hal ini tidak berdampak positif pada token tata kelola MakerDAO, MKR. Menurut data, aset digital ini mengalami penurunan sekitar 1,24% selama seminggu terakhir.

Namun, MKR tetap menjadi salah satu crypto dengan kinerja terbaik selama sebulan terakhir, dengan kenaikan hampir 40%. Ini jauh lebih baik daripada kinerja Bitcoin dan Ethereum yang relatif stagnan di tengah kondisi pasar saat ini.

Analisis dari IntoTheBlock menunjukkan bahwa MKR “menonjol di pasar saat ini” dengan aktivitas pembelian yang kuat dari pemegang MKR besar.

Dengan meningkatnya pasokan DAI dan pendapatan MakerDAO yang mencapai titik tertinggi, jelas bahwa platform ini sedang mengalami momentum positif. Namun, dengan dinamika pasar crypto yang selalu berubah, hanya waktu yang akan menentukan apakah MakerDAO dapat mempertahankan momentum ini di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: