Pendapatan Ethereum Melonjak Tiga Kali Lipat, Mencapai $369 Juta di Q1 2024!

author:

Pendapatan Ethereum Melonjak Tiga Kali Lipat, Mencapai $369 Juta di Q1 2024!

Jakarta, Pintu News – Di tengah gelombang optimisme yang melanda pasar crypto, Ethereum menorehkan prestasi mengagumkan dengan pendapatan yang melonjak tiga kali lipat di kuartal pertama tahun 2024.

Kenaikan dramatis ini menandai era baru bagi jaringan blockchain terbesar berdasarkan volume transaksi, dengan total pendapatan mencapai angka $369 juta.

Pertumbuhan Pendapatan Ethereum yang Spektakuler

Sumber: X

Berdasarkan data dari Coin98 Analytics, Ethereum, dengan keberhasilannya yang fenomenal, berhasil menggandakan pendapatannya menjadi $369 juta di kuartal pertama tahun 2024. Ini merupakan peningkatan sebesar 210% dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya mencatat $119 juta.

Baca juga: Alamat Non-Nol Ethereum Capai All-Time High, akankah Harga ETH Melonjak ke $4.000?

Kenaikan ini mencerminkan pertumbuhan yang signifikan dan menunjukkan kepercayaan yang kuat dari para pengguna terhadap platform ini.

Selain itu, pendapatan Ethereum dari biaya transaksi mencapai $1,2 miliar, meningkat 155% dari kuartal pertama tahun lalu.

Total pendapatan Ethereum yang mencapai $1 miliar di kuartal pertama 2024, menunjukkan lonjakan sebesar 186% dari tahun sebelumnya yang hanya $385 juta. Angka-angka ini menegaskan posisi Ethereum sebagai pemimpin di industri crypto.

Lonjakan Biaya Transaksi

Kenaikan harga Ethereum yang mencapai lebih dari $3.000 di akhir Februari memicu lonjakan biaya transaksi di jaringan. Beberapa pengguna melaporkan biaya transaksi yang sangat tinggi, dengan biaya puncak mencapai lebih dari $100 untuk setiap transaksi ETH.

Grafik biaya jaringan Ethereum selama satu tahun. Sumber: YCharts

Rata-rata biaya gas untuk transaksi swap berada di sekitar $79, dengan beberapa pengguna bahkan melaporkan biaya swap ETH yang diperkirakan naik hingga $400 di akhir Februari.

Meskipun pengguna jaringan Ethereum menghadapi biaya transaksi yang besar, jaringan ini menunjukkan pertumbuhan penggunaan yang signifikan di kuartal pertama 2024.

Total transaksi Ethereum meningkat 8,4% dari kuartal sebelumnya, mencapai lebih dari 107 juta transaksi. Ini menandakan peningkatan aktivitas dan adopsi yang berkelanjutan di dalam ekosistem Ethereum.

Baca juga: Biaya Transaksi Ethereum L2 Anjlok Drastis Setelah Upgrade Dencun, Apa Rahasianya?

Penguatan Ekosistem DeFi Ethereum

Ekosistem DeFi (Decentralized Finance) di Ethereum juga menunjukkan pertumbuhan yang impresif, dengan total nilai yang terkunci meningkat 86% dari kuartal sebelumnya menjadi $55,9 miliar.

Tether USDT, sebagai stablecoin berbasis Ethereum terbesar, menambahkan 14% nilai pasar sejak kuartal sebelumnya. Sementara itu, pesaing terdekatnya, USDC, meningkatkan nilai pasar ERC-20 sebesar 23% dari kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan ini tidak hanya menegaskan posisi Ethereum sebagai pemimpin dalam ekosistem DeFi, tetapi juga menunjukkan potensi besar untuk inovasi dan pengembangan lebih lanjut dalam sektor keuangan terdesentralisasi.

Secara keseluruhan, di tengah persaingan yang semakin ketat di dunia crypto, Ethereum berhasil membuktikan ketangguhannya dengan pencapaian yang luar biasa di kuartal pertama 2024.

Pendapatan yang melonjak tiga kali lipat, lonjakan biaya transaksi, dan penguatan ekosistem DeFi, semuanya menunjukkan masa depan yang cerah bagi Ethereum. Dengan terus berinovasi dan memperkuat posisinya, Ethereum siap menghadapi tantangan dan peluang yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto News