Pendapatan dari Biaya Transaksi Bitcoin Meningkat Drastis Berkat ‘Ordinals’

Pendapatan dari Biaya Transaksi Bitcoin Meningkat Drastis Berkat ‘Ordinals’

Pendapatan dari biaya transaksi Bitcoin telah mengalami lonjakan signifikan di bulan Mei, berkat teknologi baru yang dikenal sebagai “Ordinals”. Sebagai salah satu mata uang digital paling populer dan banyak digunakan, perubahan atau peningkatan dalam ekosistem Bitcoin selalu menarik perhatian besar dari komunitas crypto.

Ordinals Tingkatkan Efisiensi Bitcoin

Ordinals adalah teknologi yang memungkinkan peningkatan efisiensi dalam pembayaran Bitcoin dan pengelolaan transaksi. Teknologi ini mengefisienkan penggunaan ruang blok dan meningkatkan kecepatan transaksi, sehingga dapat mengurangi biaya transaksi secara keseluruhan. Namun, dengan peningkatan volume transaksi, pendapatan dari biaya transaksi Bitcoin mengalami kenaikan yang signifikan.

Sumber: The Block’s Data Dashboard

Dikutip dari The Block’s Data Dashboard, pendapatan dari biaya transaksi Bitcoin mengalami peningkatan tajam mencapai 14.3% hingga bulan Mei 2023. Bahkan masih dalam tanggal dan bulan tersebut, transaksi pada bitcoin mencapai all time high bulanan sepanjang masa di bulan Mei menyentuh 14,9 juta. Meski terdapat pengurangan dari biaya per transaksi, namun lonjakan volume transaksi yang signifikan telah membawa total pendapatan biaya transaksi ke level tertinggi.

Ordinals Dorong Kemajuan Ekosistem Bitcoin

Dengan peningkatan tersebut memberi bukti bahwa, Ordinals telah membawa perubahan positif bagi ekosistem Bitcoin. Di mana teknologi ini memungkinkan lebih banyak transaksi dilakukan dalam satu blok, dan Ordinals membantu meningkatkan kecepatan transaksi dan efisiensi penggunaan ruang blok, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan pendapatan dari biaya transaksi.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun peningkatan ini positif bagi penambang Bitcoin yang mendapatkan pendapatan dari biaya transaksi, ini juga dapat berarti bahwa pengguna harus membayar biaya yang lebih tinggi untuk setiap transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna Bitcoin untuk terus memantau perkembangan dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

Secara keseluruhan, munculnya Ordinals telah membawa perubahan signifikan bagi ekosistem Bitcoin dan mempengaruhi cara pengguna dan penambang berinteraksi dengan jaringan. Ordinals telah membuka peluang baru dalam ekosistem Bitcoin.

Baca juga: Apa Itu Ordinals? Mengenal Inovasi NFT Bitcoin

Referensi: