Kucuran Dana Kembali Mengalir ke Proyek Crypto di Tengah Reli Pasar, Bull Market Segera Tiba?

Array

Kucuran Dana Kembali Mengalir ke Proyek Crypto di Tengah Reli Pasar, Bull Market Segera Tiba?

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto kembali bergairah dan menunjukkan tren positif, ditandai dengan melonjaknya putaran pendanaan modal ventura atau venture capital (VC).

Perusahaan ventura crypto Aquarius baru-baru ini mengumumkan peluncuran dana likuiditas multistrategi senilai $600 juta untuk membantu fondasi blockchain dan proyek ekosistem meningkatkan likuiditas on-chain. Dana ini didukung oleh Bitrise Capital, berbagai penambang terkemuka, family office, dan influencer.

Dana Strategi Aquarius untuk Mendukung Proyek Crypto

Dana strategi $600 juta dari Aquarius akan membantu proyek infrastruktur blockchain, keuangan terdesentralisasi, kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence), ekosistem Bitcoin (BTC), arsitektur modular, dan proyek lapisan data tahap awal dalam membangun komunitas mereka serta mengembangkan produk siap pakai.

Aquarius, yang didirikan pada tahun 2018 oleh kapitalis ventura Lin Yang di Singapura, telah mendukung proyek-proyek terkenal seperti Conflux dan melakukan investasi di sektor Web2 yang sedang berkembang, termasuk energi baru, manufaktur canggih, dan keuangan. Perusahaan ini memindahkan kantor pusatnya ke New York pada tanggal 8 Mei.

Baca Juga: Eks CEO Alameda Research Minta Hukuman yang ‘Adil’ untuk Mantan Co-CEO FTX Ryan Salame

Pendanaan VC Crypto Meningkat

Pendanaan VC Crypto Meningkat
RootData

Seiring dengan memanasnya pasar bull, proyek-proyek ekosistem crypto mendapatkan pendanaan yang cukup besar. Pada bulan April, pendanaan VC crypto telah melampaui $1 miliar untuk bulan kedua berturut-turut tahun ini. Bulan April mencatat pendanaan sebesar $1,02 miliar dalam 161 putaran investasi, dibandingkan dengan $1,09 miliar pada bulan Maret. Tren ini belum terlihat sejak akhir tahun 2022.

Platform sekuritas digital Securitize berhasil mengumpulkan $47 juta dalam putaran pendanaan strategis baru yang dipimpin oleh BlackRock. Pengembang blockchain Aptos Labs, bersama dengan penerbit stablecoin Paxos dan Circle, juga termasuk di antara para investor.

Proyek Crypto Mendapatkan Dukungan Finansial

Pada bulan April, Puffer Finance, sebuah proyek liquid staking yang dibangun di atas solusi Ethereum layer-2 EigenLayer, memperoleh $18 juta dalam putaran pendanaan Seri A dari perusahaan seperti Coinbase Ventures dan Kraken Ventures untuk peluncuran mainnet-nya. Teknologi Puffer Finance memungkinkan validator Ethereum untuk mengurangi persyaratan modal awal mereka menjadi hanya 1 Ether (ETH), turun dari 32 ETH yang dibutuhkan untuk staker individu.

Protokol tersebut telah melampaui total nilai terkunci sebesar $1,4 miliar tak lama setelah debutnya pada bulan Februari. Pasar telah berubah secara dramatis dibandingkan dengan setahun yang lalu. Pada bulan September 2023, Tony Cheng, seorang mitra di perusahaan investasi crypto Singapura Foresight Ventures, menyarankan agar proyek crypto melakukan apa pun yang mereka bisa untuk bertahan hidup.

“Jika Anda kekurangan modal, jika kamu tidak memiliki landasan untuk bertahan hidup selama satu tahun ke depan, kamu harus mengambil modal dan mengambil sebanyak yang kamu bisa dapatkan karena uang itu mungkin tidak tersedia lagi setelah mungkin dua atau tiga bulan,” jelasnya saat itu.

Penutup

Kembalinya pendanaan VC crypto menandakan optimisme investor terhadap masa depan industri crypto. Proyek-proyek yang memiliki fundamental yang kuat dan potensi pertumbuhan yang tinggi akan terus menarik perhatian investor crypto dan mendapatkan dukungan finansial yang dibutuhkan untuk berkembang dan berkontribusi pada kemajuan ekosistem crypto secara keseluruhan.

Baca Juga: PEPE: Koin Meme yang Menggebrak Pasar Kripto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array