Pendanaan Modal Ventura Kripto Mencapai $1 Miliar untuk Kedua Kalinya Secara Berturut-turut!

Pendanaan Modal Ventura Kripto Mencapai $1 Miliar untuk Kedua Kalinya Secara Berturut-turut!

Jakarta, Pintu News – Industri kripto kembali mencatat pencapaian yang signifikan dengan berhasil mengumpulkan dana modal ventura sebesar $1 miliar untuk kedua kalinya secara berturut-turut pada tahun ini. Capaian ini menandai momentum positif bagi industri kripto setelah mengalami penurunan pada akhir tahun 2022. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendanaan Bulan April

jumlah pendanaan ventura crypto
Jumlah pendanaan ventura cryptocurrency bulanan sejak Januari 2022. Sumber: RootData

Pada bulan April, pendanaan modal ventura kripto mencapai $1,02 miliar melalui 161 putaran investasi. Meskipun sedikit menurun dibandingkan dengan bulan Maret yang mencatat $1,09 miliar dari 186 putaran, pencapaian ini tetap mengesankan. Terlebih lagi, ini adalah pertama kalinya sejak Oktober-November 2022, industri kripto berhasil mencatatkan dua bulan pendanaan berturut-turut di atas $1 miliar.

Di antara penggalangan dana yang paling menonjol termasuk investasi yang dipimpin oleh BlackRock sebesar $47 juta ke perusahaan tokenisasi aset dunia nyata, Securitize. Selain itu, Monad, sebuah blockchain layer-1 baru yang disebut sebagai “Solana killer”, berhasil memperoleh investasi besar sebesar $225 juta dari Paradigm dan Coinbase Ventures.

Perusahaan rintisan infrastruktur blockchain Auradine dan blockchain layer-1 berbasis Cosmos, Berachain, juga menerima pendanaan masing-masing sebesar $80 juta dan $100 juta.

Baca Juga: Investasi Modal Ventura dalam Startup Crypto Capai $2,4 Miliar di Q1 2024

Tren Pendanaan

tren pendanaan
Pendanaan modal ventura blockchain dan mata uang kripto berdasarkan sektor pada tahun 2024. Sumber: RootData

Perusahaan infrastruktur blockchain menjadi sektor yang paling banyak menerima pendanaan modal ventura pada tahun 2024 dengan total $1,7 miliar. Sementara itu, protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) berada di posisi kedua dengan $626 juta. Di sisi lain, organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) menjadi sektor yang paling sedikit menerima pendanaan, dengan hanya $3 juta pada tahun 2024.

Hingga saat ini, lebih dari $3,67 miliar telah mengalir ke industri kripto melalui 604 putaran pendanaan pada tahun 2024. Angka ini diperkirakan akan melampaui $9,3 miliar yang terkumpul pada tahun 2023. Secara keseluruhan, industri blockchain telah menerima lebih dari $100 miliar dalam pendanaan melalui 5.195 putaran pendanaan sejak Juni 2014, menurut DeFiLlama.

Kesimpulan

Lonjakan pendanaan modal ventura kripto ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap potensi jangka panjang industri kripto. Dengan semakin banyaknya perusahaan dan institusi yang terlibat, industri kripto diperkirakan akan terus berkembang dan memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai sektor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi