Pixelmon Bangkit dari Keterpurukan, Raih Pendanaan $8 Juta untuk Game Web3!

Pixelmon Bangkit dari Keterpurukan, Raih Pendanaan $8 Juta untuk Game Web3!

Pixelmon, proyek game Web3 yang sempat menuai kontroversi, bangkit dari keterpurukannya dengan meraih pendanaan sebesar $8 juta dalam putaran pendanaan awal. Pendanaan ini dipimpin oleh Animoca Brands, Delphi Ventures, Mechanism Capital, Foresight Ventures, Cypher Capital, Bitscale Capital, Sfermion, Spartan Labs, Vista Labs, dan Emfarsis.

Dana tersebut akan digunakan untuk mempercepat pengembangan game terbaru mereka, PixelPals, yang dijadwalkan rilis pada kuartal pertama tahun 2024. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pixelmon Bangkit dari Kontroversi

Pixelmon memulai perjalanannya pada Februari 2022 dengan menjual 10.000 non-fungible token (NFT) dan meraup dana sebesar $70 juta. Namun, pengguna kecewa dengan kualitas seni yang buruk dan menuduh Pixelmon sebagai penipuan.

Akibatnya, perusahaan venture capital Web3 yang berbasis di Singapura, LiquidX, mengambil alih 60% kendali Pixelmon dengan total investasi sekitar $40 juta. Sejak saat itu, LiquidX bekerja keras untuk memulihkan kredibilitas Pixelmon.

Baca Juga: Survei: 75% Game Web3 Gagal dalam 5 Tahun Terakhir, Apa Penyebab Utamanya?

Game Pixelmon dan Mon Protocol

game pixelmon
Sumber: Venture Beat

Pixelmon telah merilis game pertamanya, Kevin the Adventurer, pada bulan Oktober 2023. Game ini dibangun di atas jaringan layer-2 milik Coinbase, Base, dan berhasil menarik 36.000 pemain aktif dan mencatatkan 10.100 jam bermain di bulan pertama peluncurannya. 

Pixelmon juga memperkenalkan sistem fraksionalisasi kekayaan intelektual (IP), yang disebut Mon Protocol. Sistem ini memungkinkan pemilik token untuk memiliki sebagian kepemilikan aset dalam game, termasuk IP karakter game.

Baca Juga: Asia Pasifik dan Amerika Serikat Memimpin dalam Industri Game Web3, Siapa yang Mendominasi?

Masa Depan Pixelmon

Dengan pendanaan baru ini, Pixelmon berencana untuk mengembangkan portofolio game kasual dan mid-core yang beragam. Mereka juga berencana untuk memperluas IP terdesentralisasi mereka ke berbagai bidang, termasuk merchandisetrading card game (TCG), serial animasi, buku komik, dan banyak lagi. 

Pixelmon memiliki tim yang kuat dengan pengalaman luas di industri game, termasuk produser eksekutif Izzal Ibrahim, direktur teknik game Sean-Li Murmann, dan direktur seni Stefan Ivanov.

Kesimpulan

Pixelmon telah melalui perjalanan yang penuh dengan pasang surut, tetapi mereka berhasil bangkit dari keterpurukan dan mendapatkan kembali kepercayaan investor. Dengan pendanaan baru ini, Pixelmon siap untuk meluncurkan game baru yang menarik dan memperluas IP mereka ke berbagai bidang. Masa depan Pixelmon terlihat cerah dan mereka bertekad untuk menjadi salah satu pemain utama dalam industri game Web3.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi