Wow, Pencarian Pekerjaan AI di 2023 Melonjak 4x Lebih Tinggi dari Pekerjaan Crypto!

Wow, Pencarian Pekerjaan AI di 2023 Melonjak 4x Lebih Tinggi dari Pekerjaan Crypto!

Kecerdasan Buatan (AI) kini menjadi pilihan utama bagi pencari kerja, menurut analisis terbaru dari agregator data cryptocurrency, CoinGecko. Dari tahun 2020 hingga 2022, pencarian untuk “pekerjaan AI” dan “pekerjaan crypto” cukup berdekatan, dengan AI memimpin sebagian besar hari dan crypto mengambil alih saat Bitcoin (BTC) mencapai nilai tertinggi sepanjang masa (ATH) sebesar $69.000 pada November 2021. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pencarian Pekerjaan AI Melonjak

minat pekerjaan ai melonjak
Sumber: Coingecko

Menurut studi CoinGecko, pencarian “pekerjaan AI” pada tahun 2023 mencapai puncak hampir 5 kali lipat dari pencarian “pekerjaan crypto” pada puncaknya dan, per 5 Juli 2023, tetap 4 kali lebih tinggi.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa sebelum BTC mencapai nilai tertinggi sepanjang masa sebesar $69.000, pencarian untuk pekerjaan AI mengalahkan kueri terkait crypto dengan margin 3:1.

Setelah peluncuran ChatGPT pada November 2022, pencarian untuk pekerjaan AI melonjak tajam. Metodologi CoinGecko menggunakan sistem penilaian peringkat untuk menentukan minat pencarian.

Ini mempertimbangkan data pencarian Google dari seluruh dunia. Namun, peneliti mencatat bahwa Google bukanlah mesin pencari utama di setiap area geografis, jadi hasilnya mungkin tidak selalu mencerminkan kebenaran di lapangan.

Baca Juga: AI Semakin Maju, Kini Musik AI Berkesempatan Memenangkan Penghargaan Grammy?

Pencarian Pekerjaan Crypto Meningkat

pekerjaan crypto
Sumber: Thelucknow Report

Minat dalam “pekerjaan crypto” mulai naik dari Januari 2021, saat perusahaan besar dan pemimpin pemikiran memasuki ruang ini, menarik perhatian mainstream ke crypto.

Venmo, MasterCard, dan PayPal memperkenalkan dukungan pembayaran cryptocurrency, menyoroti crypto sebagai metode pembayaran yang layak untuk transaksi sehari-hari.

Sejak 2020, MicroStrategy mulai mengumpulkan posisi besar dalam Bitcoin, memegang lebih banyak daripada perusahaan publik lainnya, dan CEO Square Jack Dorsey mengumumkan niat perusahaannya untuk membangun sistem penambangan Bitcoin.

Baca Juga: Google Ubah Kebijakan Privasi untuk Pelatihan AI, Inovasi atau Kontroversi?

Pencarian Pekerjaan Crypto Menurun

Minat pencarian dalam ‘pekerjaan crypto‘ menurun seiring dengan sentimen pasar crypto yang semakin bearish, mencapai skor rendah 9 pada 25 Desember 2022, menandai penurunan signifikan sebesar -288% dari puncaknya.

Penurunan ini bertepatan dengan peristiwa penting seperti runtuhnya exchange cryptocurrency FTX dan pemecatan di exchange crypto dan pasar terkemuka seperti Crypto.com, Binance, Coinbase, dan OpenSea.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: