Bitcoin Mengalami Penarikan Hingga $540 Juta, Harga Siap Meroket?

Bitcoin Mengalami Penarikan Hingga $540 Juta, Harga Siap Meroket?

Pasar Bitcoin sedang mengalami pergeseran dinamika yang signifikan, ditandai dengan lonjakan penarikan Bitcoin dari bursa kripto terpusat. Dalam delapan bulan terakhir, penarikan Bitcoin telah mencapai level tertinggi, mengindikasikan perubahan besar dalam sentimen pasar. Menariknya, tren ini bertepatan dengan akumulasi cepat di antara para paus kripto, yang mengarah pada fase transformatif untuk valuasi Bitcoin. Simak analisa lengkapnya disini!

Penarikan Bitcoin Mencapai $540 Juta

analisa bitcoin julio
Sumber: Akun X Julio Moreno

Data on-chain dari IntoTheBlock, platform intelijen pasar terkemuka, menunjukkan bahwa arus keluar bersih mingguan dari bursa terpusat telah mencapai puncaknya. Sekitar $540 juta Bitcoin ditarik minggu ini, menandai arus keluar bersih terbesar sejak Juni 2023. Sebelumnya dalam minggu ini, kepala penelitian CryptoQuant, Julio Moreno, mengidentifikasi arus keluar Bitcoin per jam terbesar tahun ini dari Coinbase.

Menurutnya, 18.746 Bitcoin, diperkirakan senilai $1 miliar, dipindahkan dalam dua transaksi dalam blok yang sama. Pergerakan BTC menjauh dari bursa terpusat dipandang sebagai sinyal bullish, menunjukkan berkurangnya ketersediaan untuk dijual.

Pengamat pasar berpendapat bahwa dana tersebut dipindahkan ke dompet kustodian untuk mengantisipasi lonjakan harga, terutama dengan halving Bitcoin yang hanya tinggal dua bulan lagi. Memang, arus keluar yang cepat telah menyebabkan saldo Bitcoin menurun di bursa-bursa besar seperti Binance dan Coinbase. Data Glassnode mengungkapkan bahwa bursa kripto sekarang hanya memegang 2,3 juta BTC, level terendah sejak 2018.

Baca Juga: 5 Meme Token yang Berpotensi Bull Run di Maret 2024

Paus Kripto Mengakumulasi BTC

paus kripto akumulasi bitcoin
Akumulasi Paus Bitcoin yang Cepat. Sumber: Santiment

Sementara itu, paus kripto, yang memegang lebih dari 1.000 BTC, mengalami akumulasi yang signifikan. Data on-chain dari Santiment menunjukkan peningkatan 7,4% pada alamat-alamat ini selama sebulan terakhir, dengan 147 dompet baru bergabung dalam kategori ini, menandai pertumbuhan tercepat dalam dua tahun.

CryptoQuant menguatkan hal ini, mencatat bahwa kepemilikan Bitcoin entitas besar telah melonjak ke level tertinggi sejak Juli 2022, dengan total 3,964 juta Bitcoin, naik dari 3,694 juta Bitcoin pada Desember 2022. Lonjakan aktivitas paus kripto ini menandakan kepercayaan diri yang kuat terhadap lintasan masa depan Bitcoin.

Secara historis, akumulasi signifikan seperti itu sering kali mendahului pergerakan harga yang signifikan, menunjukkan potensi gelombang bullish lainnya di pasar. Perlu dicatat bahwa ETF Bitcoin spot yang baru diluncurkan di AS termasuk di antara entitas besar yang membeli Bitcoin. Dana-dana ini sekarang memegang hampir 300.000 Bitcoin, muncul sebagai sumber permintaan yang signifikan untuk aset teratas.

Baca Juga: Data Ownership Protocol ($DOP): Revolusi Privasi Blockchain!

Dampak pada Harga Bitcoin

Perpaduan antara penarikan besar-besaran Bitcoin dari bursa dan akumulasi paus kripto menciptakan kondisi yang tepat untuk lonjakan harga. Dengan berkurangnya pasokan Bitcoin yang tersedia untuk dijual dan peningkatan permintaan dari investor besar, harga Bitcoin diperkirakan akan naik dalam waktu dekat.

Analis pasar memprediksi bahwa Bitcoin dapat menembus level resistensi $25.000 dalam beberapa minggu mendatang, membuka jalan untuk reli yang lebih besar. Namun, penting untuk dicatat bahwa pasar kripto tetap fluktuatif dan tidak ada jaminan keuntungan.

Kesimpulan

Penarikan Bitcoin dalam jumlah besar dari bursa terpusat dan akumulasi paus kripto menandakan perubahan signifikan dalam dinamika pasar. Kondisi ini menciptakan peluang bagi investor untuk mendapatkan keuntungan dari potensi kenaikan harga Bitcoin dalam waktu dekat. Namun, penting untuk selalu berhati-hati dan melakukan riset sebelum melakukan investasi apa pun.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi