Skandal Cryptojacking Terbesar Terungkap: Pelaku Ditangkap di Ukraina!

Skandal Cryptojacking Terbesar Terungkap: Pelaku Ditangkap di Ukraina!

Dalam sebuah operasi yang mengejutkan, polisi Ukraina bekerja sama dengan Europol berhasil menangkap seorang mastermind cryptojacking yang diduga telah menghasilkan lebih dari $2 juta (sekitar EUR 1,8 juta) melalui skema penambangan mata uang crypto ilegal. Kejadian ini membuka mata dunia akan bahaya yang ditimbulkan oleh kejahatan siber dalam era digital ini.

Penangkapan yang Dramatis

Penangkapan ini terjadi di Mykolaiv, Ukraina, pada tanggal 9 Januari, setelah bulan-bulan kolaborasi intensif antara otoritas Ukraina, Europol, dan penyedia layanan cloud. Tiga properti digeledah untuk mengumpulkan bukti terhadap tersangka utama. Tersangka, berusia 29 tahun, diduga menggunakan infrastruktur cloud yang dikompromikan untuk menambang mata uang crypto secara ilegal.

Baca Juga: Upaya Peretasan Bitfinex Gagal: Transaksi XRP Senilai $15 Miliar Tidak Berhasil

Operasi ini menunjukkan betapa canggihnya tindakan kejahatan siber saat ini. Dengan mengakses cloud computing tanpa izin, pelaku berhasil menghindari biaya server dan listrik yang biasanya lebih mahal dari keuntungan yang diperoleh. Akibatnya, pemilik akun yang dikompromikan terbebani dengan tagihan cloud yang sangat besar.

Kolaborasi Antar Lembaga

pm singapura deepfake crypto
Bitcoin.com News

Kasus ini merupakan contoh sempurna dari kekuatan kolaborasi antara penegak hukum dan sektor swasta. Sebuah penyedia layanan cloud mendekati Europol pada Januari 2023 dengan informasi tentang akun pengguna cloud yang dikompromikan. Europol kemudian membagikan informasi ini dengan otoritas Ukraina, yang memulai penyelidikan.

Sejak itu, ketiga mitra bekerja erat bersama untuk mengembangkan petunjuk operasional dan mempersiapkan fase akhir penyelidikan. Pusat Cybercrime Eropa Europol (EC3) mendirikan pos komando virtual pada hari aksi, mendukung Polisi Nasional Ukraina dari markas Europol, dengan analisis dan dukungan forensik atas data yang dikumpulkan selama penggeledahan.

Cara Melindungi Diri

Untuk melindungi diri dari cryptojacking cloud, Europol mendorong pengguna dan penyedia layanan cloud untuk menerapkan praktik keamanan yang kuat.

Ini termasuk penggunaan metode otentikasi yang kuat dan kontrol akses untuk mencegah akses tidak sah ke sumber daya cloud, pemantauan terus-menerus terhadap aktivitas mencurigakan, pembaruan keamanan teratur, dan penggunaan layanan serta alat keamanan cloud yang disediakan oleh penyedia layanan.

Baca Juga: Penurunan Drastis Investasi Modal Ventura di Proyek Web3 Tahun 2023: Apa yang Terjadi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: