Revolusi Energi dan Bitcoin: Proyek Mining di Kenya Bawa Cahaya ke Rumah-Rumah Pedesaan

Revolusi Energi dan Bitcoin: Proyek Mining di Kenya Bawa Cahaya ke Rumah-Rumah Pedesaan

Jakarta, Pintu News – Sebuah inisiatif di Kenya telah berhasil memanfaatkan energi geotermal dari gunung berapi untuk menggerakkan operasi penambangan Bitcoin, yang tidak hanya mendukung jaringan Bitcoin tetapi juga menyediakan listrik bagi ribuan rumah pedesaan.

Dengan dukungan dari Jack Dorsey dan perusahaannya, Block, proyek ini menggabungkan teknologi terdepan dan sumber daya alam untuk memajukan kedua front tersebut dengan efisien. Simak beritanya disini!

Pengoperasian Penambangan Bitcoin di Kenya

keuntungan bitcoin block jack dorsey
Sumber: U Today

Penambangan Bitcoin di daerah Hell’s Gate, Kenya, dilakukan menggunakan kontainer mobile yang memanfaatkan energi solar dan geotermal. Proyek ini, yang dipimpin oleh startup Gridless, bukan hanya menambang Bitcoin tapi juga memberdayakan komunitas lokal dengan sumber energi terbarukan. Operasi ini mendukung sekitar 5,000 rumah tangga di Kenya, membuktikan potensi besar dari integrasi energi terbarukan dalam industri crypto.

Startup Gridless mengoperasikan enam lokasi penambangan di Kenya, Malawi, dan Zambia, dengan fokus pada penggunaan energi yang terbarukan dan berkelanjutan. Pemanfaatan energi geotermal dari gunung berapi yang telah punah di Kenya menjadi simbol inovasi dan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan. Proyek ini menunjukkan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung kebutuhan lokal sekaligus menjaga keamanan jaringan Bitcoin secara global.

Baca Juga: El Salvador Kenalkan Mining Pool Bitcoin Pertamanya, Apa Saja Keuntungannya?

Dampak Sosial dan Ekonomi Penambangan Bitcoin

penambangan bitcoin
Sumber: Coingape

Selain memberikan listrik, Gridless juga telah mengimplementasikan solusi yang mendukung kegiatan ekonomi lokal seperti penyimpanan dingin terkontainerisasi untuk petani, stasiun pengisian baterai untuk sepeda motor listrik, dan titik WiFi publik. Inisiatif ini tidak hanya memperkuat infrastruktur lokal tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan teknologi yang berkelanjutan.

Operasi ini juga memberikan contoh nyata dari cara penambangan Bitcoin bisa lebih dari sekedar aktivitas ekonomi. Dengan fokus pada desentralisasi dan penggunaan energi terbarukan, Gridless menunjukkan potensi untuk model bisnis yang bertanggung jawab secara sosial dan ekologis. Ini adalah langkah maju dalam mengatasi tantangan akses energi dan keuangan di banyak bagian dunia yang kurang dilayani.

Baca Juga: Oman Perkuat Ekonomi Digital dengan Pusat Mining Crypto Senilai $370 Juta!

Kesimpulan dan Harapan untuk Masa Depan

Proyek penambangan Bitcoin yang berbasis di Kenya ini adalah contoh bagaimana industri crypto dapat berkontribusi pada tujuan yang lebih besar dari sekadar keuntungan finansial. Dengan menggunakan sumber energi terbarukan dan mendukung masyarakat setempat, inisiatif ini mendefinisikan ulang apa artinya menjadi bagian dari industri crypto.

Ke depan, harapan adalah bahwa lebih banyak perusahaan di industri crypto akan mengikuti jejak Gridless, tidak hanya dalam meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga dalam memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Penambangan Bitcoin dan teknologi blockchain memiliki potensi besar untuk menjadi pendorong perubahan positif, dan proyek seperti ini menunjukkan jalan ke depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: