Perusahaan Penambangan Bitcoin Hut 8 Relokasi 6.400 Rig dan Ekspansi Teknologi AI

author:

Perusahaan Penambangan Bitcoin Hut 8 Relokasi 6.400 Rig dan Ekspansi Teknologi AI

Perusahaan penambangan Bitcoin, Hut 8, berencana untuk memindahkan 6.400 rig dari fasilitasnya di Ontario, Kanada. Langkah ini diambil seiring dengan meningkatnya permintaan untuk AI dan komputasi berkinerja tinggi.

Tidak hanya itu, Hut 8 juga tengah berupaya untuk memperluas operasinya di Amerika Serikat, dengan 6.400 penambang yang dikonfirmasi sedang dalam perjalanan ke Texas.

Relokasi Rig dan Pertumbuhan di Tengah Pertempuran Hukum

hut8 ekspansi teknolog ai

Hut 8, perusahaan penambangan Bitcoin yang berbasis di Kanada, saat ini tengah berada dalam pertempuran hukum dengan pemasok energi pihak ketiga mereka, Validus Power. Isu utama dalam pertikaian ini adalah dugaan kegagalan Validus Power dalam memenuhi kewajiban kontraktual mereka. Akibat perselisihan ini, operasi di fasilitas penambangan Hut 8 telah ditangguhkan sejak November 2022.

Meski berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan, Hut 8 tetap berupaya untuk mempertahankan operasional mereka. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan memindahkan 6.400 rig penambangan mereka ke Texas, Amerika Serikat. Langkah ini diambil dengan harapan peralatan yang tidak aktif dapat kembali online dan beroperasi secara optimal.

Baca juga: Inflection AI Kumpulkan Dana $1,3 Miliar, Dipimpin Microsoft dan Nvidia!

Lebih lanjut, perusahaan berharap batch penambang ini akan beroperasi penuh pada akhir Juli 2023, dengan kapasitas operasional sebesar 600 petahashes per detik. Dengan penambahan ini, total tingkat hash yang diinstal oleh Hut 8 akan meningkat hingga 3.2 exahashes per detik. Hut 8 juga telah menyetujui perjanjian hosting selama tiga bulan untuk 6.400 penambang dari North Bay, dengan rencana untuk memperbarui perjanjian tersebut setiap bulan.

Ekspansi AI dan Komputasi Berkinerja Tinggi

masa depan inflection ai
Sumber: Meta News

Hut 8 melihat peningkatan permintaan untuk AI dan komputasi berkinerja tinggi. Hal ini sejalan dengan tren global di mana teknologi AI dan komputasi berkinerja tinggi semakin banyak digunakan dalam berbagai sektor industri. Perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Nvidia telah berinvestasi miliaran dolar dalam pengembangan teknologi ini, menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh AI dan komputasi berkinerja tinggi.

CEO Hut 8, Jaime Leverton, menyatakan bahwa industri telah pulih dengan baik selama beberapa bulan terakhir dan mereka telah melihat lebih banyak momentum daripada yang diantisipasi sebelumnya. Hal ini sebagian disebabkan oleh beberapa rekan sejawat mereka yang mengikuti jejak Hut 8 dalam ruang komputasi HPC dan AI. Leverton juga menyoroti bahwa Hut 8 telah memimpin dalam penggunaan teknologi ini, dengan beberapa rekan sejawat mereka mengikuti jejak mereka.

Hut 8 berharap bahwa dengan fokus pada AI dan komputasi berkinerja tinggi, mereka dapat membuka peluang baru dan memperluas operasi mereka. Dengan peningkatan permintaan untuk teknologi ini, Hut 8 berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang ini dan mendorong pertumbuhan lebih lanjut dalam operasi mereka.

Baca juga: Pemerintah Inggris Berkolaborasi dengan Dell dan Intel untuk Uji Coba Energi Fusi di Metaverse!

Pemanfaatan Infrastruktur Hut 8 di Luar Penambangan Bitcoin

hut8 ekspansi teknolog ai
Cryptopolitan

Hut 8 telah mulai menerapkan infrastrukturnya untuk memberdayakan layanan dan solusi di luar operasi penambangan Bitcoin mereka. Langkah ini merupakan bagian dari strategi diversifikasi Hut 8 untuk mengurangi ketergantungan mereka pada penambangan Bitcoin dan memanfaatkan infrastruktur yang mereka miliki untuk tujuan lain yang berpotensi menghasilkan pendapatan.

Sebagai contoh, CEO Hut 8, Jaime Leverton, menyoroti perjanjian baru selama lima tahun untuk menyediakan infrastruktur komputer dan layanan hosting kepada otoritas Kesehatan Interior British Columbia. Dengan perjanjian ini, Hut 8 tidak hanya dapat memanfaatkan infrastrukturnya tetapi juga membantu institusi kesehatan dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Selain itu, Hut 8 juga telah melakukan studi kasus dengan perusahaan AI generatif 3D, XYZ AI. Kerjasama ini menunjukkan bagaimana Hut 8 dapat memanfaatkan teknologi dan infrastruktur yang mereka miliki untuk mendukung perusahaan dan organisasi lain dalam mengembangkan dan menerapkan solusi AI.

Dengan demikian, Hut 8 berharap dapat membuka peluang baru dan menciptakan aliran pendapatan baru di luar penambangan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: